Iklan Sponsor
Logo S-Gala.com png

10 Ide Upcycle Lampu Bekas

November 10, 2022
Cover Upcycle Lampu Bekas
Iklan Sponsor

Apakah kalian pernah mendengar istilah upcycle?

Dalam bahasa Indonesia, upcycle dan recycle memiliki terjemahan yang sama yaitu daur ulang. Lalu apa bedanya antara upcycle dan recycle?

Recycle adalah kegiatan mendaur ulang sampah dan barang-barang bekas menjadi sebuah barang yang memiliki nilai guna.

Sedangkan upcycle adalah cara baru untuk mengkonversi barang-barang di sekitar menjadi suatu benda yang memiliki manfaat lain, seperti memanfaatkan lampu bekas menjadi barang lain yang memiliki nilai manfaat lebih.

Kali ini S-gala.com akan mengajak kalian untuk mengintip 10 ide kreatif untuk membuat upcycle lampu bekas menjadi benda lain yang menarik dan berguna. Baca artikelnya sampai selesai ya!

==AS1==

Ide Upcycle lampu bekas

Kenapa sih lampu harus di-upcycle?

Nah, lampu sendiri memiliki berbagai format atau bentuk; seperti lampu gantung, lampu meja, lampu tidur, lampu duduk, lampu berdiri, lampu senter, dll.

Lampu seringkali tidak bisa berfungsi sendiri; harus disertai dudukan dan aksesorisnya supaya berfungsi. Satu set lampu ini memiliki usia pakai yang panjang.

Tapi seringkali juga model atau bahannya sudah usang dan kita ingin mengubah suasana dengan mengganti pencahayaan.

Lalu bagaimana dengan lampu lamanya? Masa dibuang, kan sayang. Itulah kenapa ide upcycle lampu bekas ini muncul.

Apalagi di negara-negara tetangga kita yang mengenakan biaya buang sampah yang tinggi; dibandingkan membuang lampu dan segala aksesorisnya, mereka lebih memilih untuk meng-upcycle lampu bekas tersebut.

Ini dia beberapa contoh ide upcycle lampu bekas yang bisa kalian jadikan referensi.

1. Cermin dari Topi Lampu

Mengolah lampu bekas jadi cermin
Ide upcycle lampu bekas jadi cermin

Kalau kalian punya lampu berdiri / lampu duduk yang “topi lampu” alias kap lampu nya sudah usang, jangan dibuang!

Yuk bongkar kap lampu nya lalu dipotong sesuai pola agar melebar. Lalu pasangkan cermin bulat di tengahnya.

Kalian bisa menghiasnya sesuai dengan kreatifitas serta selera masing-masing. Jadi deh cermin cantik yang berasal dari kap lampu bekas! Cantik banget kan?

2. Upcycle Lampu Bekas Jadi Pot Tanaman Kaktus

Pot dinding dari bekas lampu

Lampu dinding adalah lampu yang biasanya ditempel di dinding dan menghasilkan cahaya tambahan untuk ruangan.

Selain untuk penerangan, lampu dinding biasanya bersifat dekoratif yang seringkali diubah untuk keperluan tematis dekorasi.

Kalian bisa memanfaatkan lampu dinding bekas sebagai dudukan pot untuk kaktus lho! Kalian tinggal menambahkan dudukannya yang terbuat dari triplek tebal atau kayu serta diberi gantungan seperti yang ada di gambar contoh.

==AS2==

3. Mengecat Ulang Lampu Lama

Mendaur ulang lampu
Yuk upcycle lampu bekas-mu dengan cara dicat ulang!

Jaman dulu, banyak sekali lampu berdiri / standing lamp yang dibuat dari bahan besi atau logam. Seiring berjalannya waktu, kesan lampu yang dulunya mewah itu menjadi usang, berkarat, dan terkesan jadul.

Daripada didiamkan di gudang atau di pojokan rumah, yuk cat ulang lampunya!

Kalian bisa mengamplas karatnya lalu mengecat ulang sesuai dengan warna ruanganmu. Warna-warna monokrom seperti putih & hitam juga akan menjadikan lampu ini terkesan jauh lebih modern & minimalis.

Jangan lupa untuk mengecek juga kondisi kabel serta instalasi lampunya ya supaya tetap aman & bisa digunakan.

4. Menyulap Dudukan Lampu Duduk Menjadi Pot Bunga

Dudukan lampu bekas jadi pot bunga

Gak cuma lampu berdiri jadul aja yang bisa kalian upcycle, lampu duduk model zaman dulu juga bisa kalian sulap menjadi pot bunga lho!

Kalian bisa ambil bagian bawah dudukan lampunya, lalu bersihkan karat & kotorannya.

Setelah itu cat dengan warna yang minimalis & sesuai dengan ruangan / furniture.

Kalian bisa menggunakan pot bunga kecil yang diisi media tanam untuk memasang bunga hidup di situ. Atau kalau kalian mau pakai bunga palsu juga bisa kok!

Bebaskan kreasimu yuk!

5. Dudukan Kue dari Kaki Lampu

Dudukan kue dari kaki lampu bekas

Ini juga merupakan ide kreasi cemerlang lho! Kaki lampu bekas bisa kalian sulap dan dijadikan untuk kaki dudukan kue!

Kalian bisa mengkreasikannya jadi tatakan kue 1, 2, bahkan 3 tingkat dan di bagian bawahnya menggunakan kaki lampu bekas.

Biasanya kaki lampu memiliki stabilitas & kekuatan yang baik, jadi bisa kalian gunakan sebagai dasar kaki paling bawah.

==AS3==

6. Wadah Sendok Garpu dari Lampu Duduk

Wadah sendok garpu dari lampu bekas
Ide unik upcycle lampu bekas jadi tempat alat makan

Menggabungkan lampu meja dengan tempat alat makan, kenapa ngga?

Ini juga ide out of the box yang bisa kita jadikan referensi lho!

Kap lampu yang sudah usang bisa kita “kupas” lalu kerangkanya dijadikan tempat gantungan sendok, garpu, dan pisau.

Pastikan alat makan yang dipakai punya lubang di ujungnya untuk menggantung, ya!

7. Etalase Aksesoris Dari Lampu Bekas

Etalase aksesori dari rangka bekas lampu

Konsep dasarnya mirip dengan ide di poin 6, yaitu mengupas kap lampu dan memanfaatkan kerangka kap serta dudukannya menjadi barang upcycle.

Kali ini rangka dan dudukan lampu nya bisa diberikan gantungan untuk menjual  berbagai aksesoris seperti gantungan kunci, kartu ucapan, sticker, dan barang kecil lainnya.

Jadi buat kamu yang punya toko, bisa banget menggunakan ide ini untuk etalase jualanmu!

8. Keranjang dari Kap Lampu

Mengubah kap lampu bekas jadi keranjang

Kalau daritadi kita membahas upcycle lampu bekas menggunakan rangka serta dudukannya, kali ini kita menggunakan seluruh kap lampu-nya menjadi keranjang!

Kalian bisa mengecat atau menggambar kap lampu sesuai motif yang disukai, lalu menambal bagian bawahnya dengan kain atau karton tebal.

Keranjang dari kap lampu upcycle ini bisa dipakai untuk menyimpan mainan kecil, perkakas, dll.

==AS4==

9. Meja dari Kerangka Bekas Lampu

Meja dari rangka bekas lampu
Meng-upcycle lampu bekas jadi meja, bisa banget!

Kembali lagi dengan ide upcycle kerangka lampu bekas, kali ini kerangka tersebut bisa juga kita jadikan sebagai kaki meja!

Kalian bisa meletakkan kayu, logam, atau plastik tebal sebagai mejanya.

Jadinya estetik banget ya…

10. Rak dari Kap Lampu Lama

Kap lampu bekas di upcycle jadi rak

Zaman dulu, kap lampu sering dibuat dari bahan kaca tebal. Kalian bisa memanfaatkan kap lampu kaca bekas ini menjadi rak penyimpanan barang kecil lho!

Tentunya kalian harus membuat dulu rangka rak-nya ya, bisa dibuat dari logam panjang yang dirangkai menjadi rak beberapa susun.

Kalian juga bisa mengecatnya dengan cat semprot kaca supaya hasilnya lebih cantik.

Rak indah ini bisa kalian pasang di ruang keluarga, dapur, bahkan kamar mandi sekalipun!

==AS5==

Nah, ide lampu upcycle mana yang jadi favorit kalian? Tuliskan di kolom diskusi ya!

Jangan lupa juga untuk selalu membaca update artikel dan informasi berkualitas lainnya di blogpost S-gala.com, seperti artikel tentang >> Tips Penerangan Indoor

Dapatkan berbagai model lampu & alat listrik berkualitas dengan harga miring melalui kontak WA CS kami berikut ini >> CHAT WA ADMIN

Bisa banget buat jualan lagi lho!

Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Beriklan hubungi 081-222-768-892
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Tutup Kalatog

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Terhubung dengan Whatsapp tim penjualan kami
Tutup Iklan  X
Tutup