Home

 >>  

Product Katalog

 >>  

 >>  

Dispenser Lakban

Hot ITEM Lampu Emergency

No items found.
Artikel Seputar Lampu Emergency

Tape Dispenser/Tape Cutter, Sahabat Setia si Lakban

Tape Dispenser/Tape Cutter, Sahabat Setia si Lakban

“Aduh, susah banget sih cari ujung  selotipnya! Oh, di sini! Tapi kok susah banget ya ngelupasinnya!” Apakah kamu pernah mengalami hal ini? Saya juga pernah. Tapi itu dulu, sebelum saya kenal sama yang namanya Tape Dispenser/Tape Cutter.

Definisi dan Fungsi

Tape dispenser atau tape cutter adalah sebuah benda yang dapat menyimpan atau menahan rol selotip/lakban. Istilah sehari-harinya adalah wadah selotip.

Benda ini mempunyai mekanisme pisau pada ujungnya yang dapat memotong selotip dalam sekali tarikan ringan.

Selain memudahkan penggunaan lakban, tape cutter ini menjadi solusi bagi kita untuk mencari ujung lakban. Alat ini juga menghilangkan kemungkinan selotip/lakban terlilit atau tertempel satu sama lain.

Gambar 1. Repotnya jika selotip melilit

Kalau sudah melilit, lakban akan susah dibuka kembali. Walau bisa dibuka lagi, daya rekatnya sudah tidak bagus lagi. Ujung-ujungnya akan kita potong lakban sepanjang area yang melilit lalu dibuang. Sayang banget, kan?

Itu juga yang dialami oleh Mr. John Borden, pada tahun 1932, ia akhirnya menciptakan sebuah alat yang memiliki mekanisme pemotong selotip yang terintegrasi dan dapat menahan ujung selotip sampai kembali digunakan. Benda ini disebut dengan istilah tape dispenser/tape cutter.

Sebelum adanya tape dispenser, orang-orang memotongnya dengan menggunakan gunting dan sulit untuk mencari ujung dari selotip yang tergulung.

Jenis-jenis Tape Dispenser

Ada 4 jenis dispenser lakban, yaitu:

  1. Dispenser tangan
  2. Dispenser Meja
  3. Dispenser otomatis
  4. Dispenser lakban dengan aktivator air

Yuk, kita bahas satu per satu!

Dispenser Tangan

Dispenser tangan merupakan salah satu jenis dari tape cutter yang kebanyakan digunakan untuk menempelkan selotip ke kertas atau dus. Kadang tape cutter jenis ini juga sering disebut dengan tape gun.

Beberapa tape cutter jenis ini juga berbentuk cukup kecil sehingga memudahkan dalam penggunaannya. Dispenser ini memudahkan penggunanya untuk memotong selotip dan membantu untuk menekan selotip secara merata.

Macam-macam dispenser tangan untuk lakban
Gambar 2. Macam-macam desain dispenser tangan

Kalian bisa melihat cara pemasangan lakban di tape gun melalui video berikut.

Dispenser Meja

Sesuai dengan namanya, dispenser ini biasanya diletakkan di atas meja dan untuk penggunaannya sendiri sangat mudah. Kalian tinggal menarik selotip sesuai dengan kebutuhan dan menyobek selotip dengan pisau yang disediakan.

Tape dispenser jenis ini banyak digunakan di rumah dan terutama di dunia perkantoran. Maka untuk mempercantik meja kerja, saat ini banyak dispenser meja yang memiliki desain menarik.

Macam-macam dispenser meja untuk selotip
Gambar 3. Macam-macam desain Table Tape Dispenser

Tape cutter tipe ini ada juga yang dilengkapi dengan perangkat elektronik untuk membantu menarik selotip dan memotong selotip sesuai dengan panjang yang ditentukan. Biasanya tipe dispenser ini digunakan di dunia industri untuk meningkatkan produktifitas pada proses produksi atau perakitan.

Dispenser dengan perangkat elektronik mampu menghilangkan faktor human error dalam mengukur kebutuhan lakban dan mengurangi sampah serta biaya produksi.

Macam-macam electric tape table dispenser
Gambar 4. Table Tape Cutter Elektrik

Dispenser otomatis

Dispenser otomatis ini memungkinkan operator untuk tinggal meletakkan objek yang akan diselotip ke meja khusus dan secara otomatis mesin akan menyolatip objek tersebut. Tentunyad engan dispenser ini proses menempel selotip akan cepat dan penggunaan selotip dapat dikontrol.

Ada pula mesin yang benar-benar bekerja penuh secara otomatis sehingga tidak memerlukan operator untuk meletakkan objek yang akan diisolasi.

mesin pemasang lakban otomatis
Gambar 5. Automatic Tape Dispenser

Dispenser Lakban Dengan Aktivator Air

Dispenser jenis ini dapat mengukur, menyimpan, mengoleskan air, dan memotong selotip jenis gummed tape (perekat pada selotipini baru bisa menempel atau aktif jika diberikan air) – misalnya kraft paper tape.

Dispenser tipe ini dilengkapi dengan wadah penyimpan air dan sikat untuk mengoleskan air ke selotip yang akan digunakan. Dilengkapi juga dengan pemanas untuk mengatur temperatur air untuk memastikan pembasahan yang maksimum yang ideal digunakan di musim dingin.

Dispenser ini sering digunakan di industri pengemasan barang atau pengiriman untuk menutup dus. Gummed tape dispenser juga ada yang otomatis menggunakan mesin, ada juga yang manual (harus ditarik dan disobek sendiri)

Dispener gummed tape
Gambar 6. Gummed Tape Cutter Manual
Dispenser gummed tape otomatis
Gambar 7. Gummed Tape Cutter Otomatis

Kamu bisa hubungi CS kami untuk informasi lebih lanjut atau untuk pemesanan yaa!

X

Produk Lampu Emergency

No items found.
No items found.

RAGU?! Pernah ketipu belanja online?

Biarkan Review Jujur yang Berbicara

Di saat membuat testimoni palsu semudah mengganti foto di WA.
Kami sajikan review ASLI dari orang-orang yang telah merasakan langsung produk dan pelayanan kami.

Silahkan klik Foto Review untuk Memastikan

Testimoni - ReviewPengiriman - PembayaranGaransi dan PenggantianMenjadi Mitra Droship PointKesempatan Bisnis Reseller
S-gala.comGoogle Map Alamat kami
Rajin Review FREE HP Samsung A10s
Tim Pengaduan akan menghubungi anda dalam 1x24 jam

No WA Keluhan :
081222768892
Tutup Form
Refresh Halaman dan Kirim Ulang
X
Form Keluhan Pelanggan
2018-2020 CV Qions Putra Perkasa