Home

 >>  

Product Katalog

 >>  

 >>  

Lakban Kertas

Hot ITEM Lampu Emergency

No items found.
Artikel Seputar Lampu Emergency

Kraft Tape, Gum Tape Berbahan Kertas Namun Bukan Lakban Kertas

Kraft Tape, Gum Tape Berbahan Kertas Namun Bukan Lakban Kertas

kraft paper tape

Apakah kamu pernah mendengar istilah kraft tape? Istilah ini mungkin asing di telinga kita, tapi pasti kamu pernah melihatnya.

Walaupun terdapat kata "Paper" (kertas) dalam penamaannya, lakban jenis ini sama sekali berbeda dengan lakban kertas.

Kraft paper tape memiliki bentuk dan tekstur menyerupai lakban kertas, tapi memiliki fungsi yang sama sekali berbeda dengan lakban kertas.

Berbeda dengan lakban kertas atau masking tape yang digunakan untuk keperluan mewarna atau mengecat, kraft tape adalah lakban atau isolasi berbahan dasar kertas yang digunakan untuk keperluan packaging. Warnanya cokelat seperti kardus.

Kraft paper tape memiliki daya rekat lebih tinggi dibanding lakban biasa. Hal ini dikarenakan penggunan gum tape sebagai zat perekatnya.

Karena digunakan untuk packaging, biasanya lakban kraft jenis gum tape juga ada yang dibuat custom dengan pola/corak di permukaannya. Misalnya: lakban fragile, merk dagang, tulisan jangan dibanting, dll.

Mengapa Kraft Tape LEBIH MEREKAT dibanding Lakban Biasa?

Sebagian besar dari kita pasti pernah memiliki pengalaman melihat kertas yang menyatu karena terkena air.

Lalu apa yang terjadi saat kertas tersebut kering? Pada umumnya kertas tersebut akan menempel dengan sangat kuat seperti menjadi satu kesatuan.

Dan saat kita mencoba melepas dan memisahkannya kertas tersebut malah menjadi sobek.

Prinsip ini yang digunakan pada lakban kraft, saat kita memberikan air untuk mengaktifkan lemnya lakban kraft akan menyerap air tersebut dan saat ditempelkan dus pun akan menyerap air tersebut.

Membuat kraft paper tape menyatu dengan lapisan dus, maka dari itu saat kita membuka lakban kraft lapisan terluar dus pada umumnya akan ikut tersobek.

Hal ini yang menjadi alasan mengapa lakban kraft baik digununakan sebagai salah satu opsi untuk menyegel kiriman.

Kraft Tape
Penggunaan Kraft Gum Tape

Jenis Zat Adhesive(perekat) pada Kraft Tape

Gum Tape

Biasanya, zat perekat pada kraft tape baru muncul atau aktif bila diberi air. Sifat ini disebut dengan gum tape. Jadi sebelum digunakan, kamu harus mengoleskan sisi yang mengandung perekat ke spons basah. Setelah itu baru zat perekatnya aktif dan dapat digunakan untuk packing.

Zat perekat pada gum tape ini berasal dari bahan karet alami. Maka dari itu gum tape disebut ramah lingkungan dan dapat didaur ulang.

Jika banyak dus yang harus ditutup atau dipak, kami sarankan Anda untuk menggunakan dispenser khusus. Dispenser ini memiliki busa basah dan pemotong di bagian ujungnya, menyebabkan lem perekat pada kraft paper tape dapat diaktifkan sekalian melalui dispenser ini.

dispenser kraft tape

Kelebihan gum tape dibandingkan dengan selotip atau lakban plastik biasa yaitu daya rekatnya yang sangat kuat. Setelah dibasahi, sisi gum tape yang berperekat akan menyatu dengan kardus yang ditempelnya. Jadi meskipun diberi tekanan yang kuat, sambungan tidak akan jebol. Sedangkan jika kita menggunakan selotip atau lakban plastik biasa, sambungan tetap dapat mudah jebol saat diberi tekanan yang kuat.

Self-adhesive tape

Jika Anda merasa ribet dengan perekat yang harus dibasahi, bersyukurlah karena berkat teknologi saat ini telah ada lakban kraft yang sudah mengandung perekat “instan”. Tidak perlu dibasahi, langsung tempel saja, dan dus anda akan tertutup dengan sangat baik. Tapi biasanya tetap saja daya rekat lakban kraft yang menggunakan gum tape akan lebih bagus.

Non-adhesive tape

Nah, jangan heran jika kamu menemukan kraft paper tanpa lem. Kraft paper ini biasanya digunakan sebagai alat bantu mengecat dinding, melindungi area seperti atas pintu ataupun lantai bawah. Kegunaan dan cara pakai kraft paper tanpa lem dapat dibaca di artikel >> cara mengecat dinding.

Tertarik membeli Kraft Paper Tape

Bagi anda yang tertarik membelli lakban jenis ini S-Gala.com menyediakan lakban kraft dengan ukuran 4mmx15m dengan harga berikut :

Harga Kraft Tape 45mm x 15m dengan Lem

  • Pembelian 6 pcs @Rp 7.000
  • Pembelian 12 pcs @Rp 6.800
  • Pembelian 1 dus (75pcs) @Rp 6.200

Harga Kraft Tape 45mm x 15m tanpa Lem

  • Pembelian 6 pcs @Rp 6.500
  • Pembelian 12 pcs @Rp 6.200
  • Pembelian 1 dus (75pcs) @Rp 55.900
X

Tips n Trik : Tutorial Cara Mengecat Mobil Menggunakan Masking Tape

Tips n Trik : Tutorial Cara Mengecat Mobil Menggunakan Masking Tape

Cara Mengecat Mobil Menggunakan Masking Tape

Proses masking adalah salah satu langkah yang penting dalam cara mengecat mobil yang tepat. Dalam proses mewarna, masking adalah proses dimana kita menutup sebagian area agar tidak terkena cat saat kita mewarna area lain yang ada di dekatnya.

Cara ngecat mobil menggunakan lakban kertas bisa dibilang susah-susah gampang. Gampang, kesannya tinggal tempel aja kan. Tapi pada prakteknya, ada saja masalah yang terjadi. Cat rembes, lakban sulit dikelupas, cat ikut terkelupas, dsb.

Berikut ini kami bagikan tips n trik cara mengecat mobil yang efektif.

Pilih dan siapkan masking tape khusus untuk otomotif

Saat mengecat mobil, kita bisa menggunakan lakban kertas / masking tape berjenis airbrush tape sebagai alat bantu untuk proses masking. Kenapa? Karena cat yang digunakan adalah cat semprot yang sifat molekulnya sangat kecil.

Cara mengecat mobil menggunakan lakban kertas- airbrush tape
Airbrush Tape

Airbrush tape khusus didesain untuk mampu menempel di permukaan mobil dengan baik, serta mampu menahan cat semprot / airbrush paint agar tidak merembes dan menodai area yang tidak kita inginkan. Kamu bisa mempelajari tentang airbrush tape di artikel tentang lakban kertas dan varian masking tape.

Selain airbrush tape, Anda juga memerlukan 2 jenis masking tape lain. Meskipun namanya masking tape, tapi kedua jenis lakban ini tidak murni terbuat dari kertas.

Namun fungsinya sama seperti masking tape pada umumnya, yaitu menutupi area agar tidak terkena cat.

  1. Trim Masking Tape – lakban ini tidak sepenuhnya terbuat dari kertas. Ada plastik di salah satu sisi lakban kertas yang digunakan untuk diselipkan di area molding mobil, lalu sisa kertasnya dilipat menutupi area permukaan molding. Jadi, Anda tidak perlu melepas molding saat mengecat mobil.
  2. Foam Masking Tape – terbuat dari busa, dipakai di area sela-sela body mobil yang ada celahnya, misalnya area sambungan pintu mobil.
Cara mengecat mobil menggunakan trim masking tape
Trim masking tape
Cara mengecat mobil menggunakan foam masking tape
Foam masking tape

2# Siapkan masking film/masking paper untuk menutupi area besar seperti kaca mobil

Masking film adalah plastik khusus yang ditujukan untuk menutup area mobil agar tidak terkena cipratan cat. Sedangkan masking paper memiliki fungsi yang sama dengan masking film namun terbuat dari kertas.

Tempel sisi masking film/masking paper dengan masking tape dengan rapi. Maka, area luas yang tidak ingin Anda cat akan aman.

3# Bersihkan permukaan sebelum masking dan mengecat

Sama seperti saat mengecat dinding menggunakan lakban kertas, dalam cara mengecat mobil menggunakan masking tape, Anda harus membersihkan permukaan mobil terlebih dahulu.

Gunakan lap basah dilanjutkan dengan lap kering. Setelah bebas dari kotoran, masking tape akan mampu menempel dengan baik di permukaan mobil.

4# Tempelkan masking tape di area yang tidak akan dicat

Pastikan Anda menekan dan menempelkannya dengan rata, tidakada masking tape yang terbuka atau menganga.

5# Cara mengecat mobil dengan masking film/masking paper untuk area yang luas

Tempel dulu ½ sisi dari masking tape di area sisi mobil yang tidak akan dicat. Lalu siapkan masking film/masking paper Anda, tempelkan ke ½ sisi masking tape yang masih terbuka. Maka area mobil yang tidak akan dicat jadi tertutup dengan rapi.

6# Cara melepaskan masking tape/lakban kertas dari mobil

Idealnya, masking tape harus dilepaskan saat cat masih basah. Masking tape sebaiknya segera dikelupas maksimal 2 menit setelah lapisan cat akhir disemprotkan.

Kunci agar proses unmasking bisa sempurna yaitu dengan kesabaran. Anda tidak boleh terburu-buru mengelupas masking tape. Kelupas perlahan dan usahakan agar tidak ada cat di badan mobil yang ikut terbawa.

Jika ada bagian cat yang sudah mengering, cat ulang sedikit area yang bersinggungan dengan lakban kertas. Tunggu 20 detik, baru kelupas masking tape secara perlahan.

7# Bagaimana jika ada zat adhesive yang menempel setelah masking tape dikelupas?

Mudah, Anda bisa membeli cairan adhesive remover yang tersedia dalam berbagai merk, misalnya 3M masking tape, ditoko otomotif terdekat. Semprotkan / tuangkan cairan di lap, tekan-tekan bagian yang terkena sisa lem dari masking tape. Setelah itu, gosok sampai bersih.

Begitulah cara mengecat mobil menggunakan lakban kertas yang efektif. Semoga bermanfaat yaa!

X

Informasi Mendalam Seputar Lakban Kertas / Masking Tape part. 2

Informasi Mendalam Seputar Lakban Kertas / Masking Tape part. 2

Di artikel sebelumnya, kita telah mempelajari definisi, fungsi, serta jenis dari lakban kertas. Kali ini, mari kita kupas lagi pengetahuan mengenai benda serbaguna ini dari segi variasi, merk, dan ukuran yang ada di pasar Indonesia.

Varian Masking Tape

Apabila kita pergi ke toko buku, toko alat bangunan, ataupun toko listrik, kita dapat menemukan banyak varian dari selotip  kertas. Variasi lakban kertas ada yang tipis, tebal, berwarna putih, biru, kuning, bertekstur kasar, halus, dan lain-lain.  

Banyaknya variasi tersebut terkadang membuat kita bingung untuk memilih. Maka dari itu, mari kita mengenal lebih jauh berbagai varian dari benda ini.

Warna

Colorful paper tape

Di pasaran, kita dapat menemukan berbagai warna dari lakban kertas. Sebenarnya, warna tidak akan berpengaruh terhadap fungsinya. Apapun warnanya, kita dapat menggunakannya sesuai dengan keperluan.

Namun pada umumnya, ada 3 warna utama yang biasanya digunakan sebagai acuan.

  • Warna putih atau krem - biasanya watercolor tape dibuat oleh pabrik menggunakan warna putih atau krem. Ini adalah warna dasar dari kertas yang digunakan untuk membuat watercolor tape. Tapi jangan heran bila saat di toko buku, Anda menemukan benda ini dalam beragam warna yang menarik. Hal ini ditujukan untuk tujuan pemasaran semata, karena biasanya orang seni lukis atau anak-anak sekolah atau ibu rumah tangga yang menjadi target pasar utama produk ini (stationary tape) sangat menyukai warna-warni yang menarik daripada sekedar warna putih atau krem untuk digunakan di kehidupan sehari-hari.
Masking tape putih
  • Warna biru atau hijau - Warna biru dan hijau  biasanya menunjukkan masking tape jenis painters tape. Painters tape biasanya tidak memiliki banyak varian warna karena target pasarnya adalah seniman dinding atau pengecat tembok. Berbeda dengan target pasar watercolor tape, para seniman dinding membeli painters tape karena sudah tahu tujuan dan jumlah yang akan dibeli, jadi para produsen tidak perlu membuat banyak variasi warna untuk menarik pembeli.
Masking tape biru
Lakban kertas hiijau
  • Warna kuning - Airbrush tape biasanya ditunjukkan dengan warna kuning. Sama dengan painters tape, target pasar dari airbrush tape sudah jelas. Jadi tidak perlu dibuat banyak variasi warna untuk menarik pembeli undefinedairbrush tape ini.
Masking tape kuning

Jangan heran bila anda menemukan masking tape yang terbuat dari kertas berwarna cokelat, ada yang dilapisi oleh lem dan ada yang tidak. Lakban tersebut dikenal dengan nama kraft paper tape. Kertas yang juga sering disebut lakban ini sangat cocok digunakan sebagai alat bantu saat mengecat dinding.

Meskipun begitu, acuan warna yang dijabarkan di atas merupakan warna yang umumnya atau kebanyakan digunakan oleh produsen. Jadi jangan heran bila Anda tetap menemukan warna lain di luar yang telah dijelaskan di atas.

Pola / Corak

Masking tape pattern, washi tape

Pada umumnya, lakban kertas tidak berpola atau bercorak – alias polos. Namun jangan bingung bila Anda melihat ada di pasaran yang memiliki corak.

Biasanya, pola/corak yang menarik dibuat untuk kepentingan pemasaran semata. Jenis watercolor tape adalah jenis yang biasanya dibuat bercorak agar pembeli tertarik untuk membeli. Benda ini sering juga disebut dengan nama washi tape.

Tekstur Masking Tape

  • Kasar - Watercolor & painters tape biasanya memiliki tekstur yang sedikit kasar atau sering dikenal dengan istilah kertas krep (crepe). Tekstur crepe ini fungsinya untuk menutupi pori-pori permukaan kertas, kanvas, dan tembok. Apabila teksturnya dibuat halus, masking tape tidak akan mampu menutupi permukaan kertas, kanvas, dan tembok yang cenderung bertekstur atau berpori-pori besar, sehingga cat akan merembes dari sisi lakban dan hasilnya tidak bagus.
  • Halus - Beda halnya dengan airbrush tape yang biasanya bertekstur halus. Hal ini dikarenakan permukaan yang diwarna (mobil, motor, atau helm) juga bertekstur licin, halus, dan tidak berpori besar.

Ketebalan dan Tingkat Kerekatan

Secara sekilas, semua lakban kertas memiliki ketebalan yang sama. Namun kita perlu mengetahui bahwa ada perbedaan ketebalan dari setiap jenis lakban kertas.

Perbedaan ketebalan ini terletak pada jumlah serta konsentrasi dari lapisan zat adhesif (perekat) dan juga lapisan zat kimia polimer yang melapisi kertas dasar pembentuknya. Namun walaupun sedikit atau banyak lapisan kimianya, masking tape harus tetap mudah digunakan dan tidak boleh meninggalkan bekas lem di permukaan benda yang diwarnai. Itu adalah esensi utamanya.

Ketebalan zat pelapis lakban kertas serta penggunaannya dapat dilihat dalam gambar berikut.

Ketebalan lakban kertas
Ketebalan masking tape berdasarkan lapisan zat kimianya

Ukuran

Semua masking tape baik itu watercolor, painters, ataupun airbrush tape dibuat dalam berbagai ukuran lebar dan panjang.

Ukuran paling kecil lebarnya mulai dari 0.25 inci (6.35 mm) sampai dengan 6 inci (15.24 cm).

Dalam 1 roll biasa (bukan yang berwarna atau corak menarik), panjangnya ada dari 2.7 meter sampai dengan 55 meter per roll nya.

Kita dapat membeli masking tape terbaik dengan lebar dan panjang yang disesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan masing-masing.

Merk

Di Indonesia, ada banyak merk masking tape yang ada dipasaran. Namun ada 6 merk yang paling laku atau paling banyak dicari dan digunakan, yaitu :

  1. 3M
  2. Daimaru
  3. Nachi
  4. Scotch
  5. Hoki
  6. Ekatape

Anda bisa mendapatkan produk ini dengan merk Daimaru, Hoki, dan Ekatape di toko kami.

Ketiga merk yang kami jual tidak kalah kualitasnya dengan merk terkenal lainnya, tapi dari segi harga sangatlah bersaing dan sangat berpeluang besar untuk dijual kembali.

Kesimpulan

  • Watercolortape berwarna dasar putih atau krem, tapi seiring perkembangan waktu dibuat juga berwarna-warni dan bermotif untuk tujuan pemasaran.
  • Painters tape biasanya berwarna biru dan hijau.
  • Airbrushtape biasanya berwarna kuning.
  • Watercolor dan painters tape biasanya bertekstur kasar (crepe), sedangkan airbrush tape biasanya bertekstur halus.
  • Masking tape mengandung kadar zat adhesive dan zat lapisan polimer yang berbeda-beda, dibuat sesuai fungsi tujuannya.
  • Lebar paling kecil ada dari 0.25” sampai dengan paling besar 6”.
  • Panjang masking tape ada dari 2.7 meter sampai dengan 55 meter per roll.
X

Cara Ngecat Dinding Dengan Masking Tape

Cara Ngecat Dinding Dengan Masking Tape

Apakah Anda pernah ngecat dinding dan hasilnya belepotan? Jika ya, itu karena cara ngecat dinding yang Anda lakukan belum tepat.

Atau apakah Anda memiliki rencana untuk ngecat dinding? Nah, ada tips sederhana namun ampuh agar hasil cat anda rapi dan tidak belepotan, salah satunya yaitu dengan menggunakan lakban kertas.

Jadi, bagaimana cara ngecat dinding yang tepat? Mari kita pelajari melalui tutorial berikut ini.

Bersihkan area yang akan ditempel oleh lakban kertas

Bersihkan dinding sebelum ditempel masking tape

Lakban kertas mengandung zat perekat yang membuatnya bisa menempel dengan rekat di dinding. Sebelum menempel lakban kertas di permukaan dinding, penting bagi kita untuk membersihkan dulu area yang akan ditempel menggunakan lap basah yang dilanjutkan dengan lap kering.

Setelah semua debu dan kotoran hilang dari permukaan dinding, lakban kertas akan dengan mudah tertempel dengan sempurna.

Pilih lakban kertas yang tepat

Masking tape yang tepat

Lakban yang digunakan haruslah berjenis painters tape, yang ditujukan khusus untuk menahan cat tembok dan mampu menempel dengan baik di permukaan tembok. Pilihan jenis lakban akan menentukan apakah cara ngecat dinding yang anda lakukan sudah tepat atau belum.

Baca juga artikel definisi lakban kertas & varian masking tape untuk penjelasan lebih rinci.

Gunakan dispenser lakban / aplikator untuk memudahkan penempelan

Dispenser masking tape
Aplikator masking tape

Sebenarnya Anda bisa menempelnya secara manual, namun hal ini akan memakan waktu yang lama, dan hasil tempelan belum tentu lurus dan rapi. Dispenser atau aplikator akan memudahkan Anda untuk menempel lakban kertas di permukaan dinding, serta memiliki fitur pemotong lakban juga.

Jika Anda tidak memiliki dispenser lakban, Anda tetap bisa menempelkan lakban kertas secara manual dengan rapi di area molding. Berikut tipsnya :

  • Tarik lakban kertas sekitar 15 cm, lalu tempel di area molding.
  • Tarik lakban secara perlahan dengan posisi roll lakban menempel ke dinding.
  • Tempel perlahan lakban kertas sambil Anda terus menarik roll.

Dengan cara tersebut, masking tape akan tertempel dengan rapi. Tapi tetap disarankan untuk menggunakan dispenser lakban untuk hasil maksimal.

Tekan lakban kertas agar tertempel dengan sempurna

Tekan lakban kertas sebagai cara mengecat dinding menggunakan masking tape

Setelah menempel, pastikan untuk menekan kembali lakban kertas terutama di bagian sisi-sisinya untuk memastikan tidak ada celah bagi cat dinding untuk merembes masuk ke bawah lakban. Anda bisa menggunakan berbagai alat, misalnya scraper atau pengerok cat. 

Jangan lupa untuk menutup area lain yang tidak dicat

Tutup area lain saat ngecat dinding

Gunakan plastik khusus untuk menutupi area-area yang tidak dicat agar terhindar dari cipratan atau tumpahan cat. Jika Anda tidak dapat menemukan plastik penutup, Anda bisa juga menggunakan kertas koran yang ditempelkan di area-area tersebut.

Namun hati-hati dan selalu perhatikan bila ada bagian yang sobek dari koran tersebut karena bisa menyebabkan adanya cipratan atau noda sisa cat di area yang tidak diinginkan.

Cara mengecat tembok sudut ruangan menggunakan lakban kertas  

Cara ngecat dinding menggunakan masking tape area sudut

Mulailah menempel dari tengah, baru ke ujung. Saat tiba di ujung dinding, potong lakban kertas dengan ukuran yang sedikit lebih panjang. Kemudian tekanlah lakban kertas sesuai kontur sudut dinding menggunakan scraper, lalu potong sisa atau kelebihan lakban tersebut.

Jangan mulai dari ujung dinding baru ke tengah, karena akan menyulitkan Anda untuk menutup area ujung dinding dengan rapi nantinya.

Gunakan kraft paper tape tanpa lem untuk melapisi area lantai dekat dinding dan area pintu

Cara ngecat dinding menggunakan kraft paper tape
Kraft paper tape tanpa lem (non-adhesive)
Mengecat dinding menggunakan kraft paper tape / masking paper

Tempelkan kraft paper pada area lantai yang tersambung dengan dinding menggunakan lakban kertas. Hal ini ditujukan agar cipratan cat tidak mengenai lantai. Sekali lagi, Anda dapat menggunakan kertas koran bekas bila tidak dapat menemukan kraft paper tanpa lem.

Jangan lupa juga “payungi” area pintu Anda sebelum mengecat dinding dengan cara yang sama seperti saat melapisi area lantai yang tersambung dengan dinding. Gunakan kraft paper tape tanpa lem dengan ukuran lebar sekitar 7.5 cm. Ukuran ini ideal karena kertas akan bisa dilipat 90 derajat sehingga bisa melindungi area pintu dari cipratan cat. Menggunakan kraft paper tape memang akan menambah biaya, tapi hal ini akan sebanding dengan hasilnya.

Cara ngecat dinding bagian sisi ujung ruangan, gunakan kuas

Gunakan kuas untuk cara ngecat dinding menggunakan masking tape area ujung dinding

Memang susah-susah gampang untuk mengecat bagian sisi ujung dinding agar menghasilkan garis lurus sempurna. Cara ngecat dinding bagian sisi ujung yang paling efektif adalah, cat dulu seluruh bagian dinding beserta dengan bagian sudutnya dengan cat dasar. Lalu setelah kering, tempelkan lakban kertas sekitar 3 mm dari sudut.

Lalu Anda bisa menggunakan kuas untuk mengecat lapisan ke-2 untuk memberikan hasil cat berupa garis lurus sempurna dengan memberikan warna gradasi cat yang tidak akan disadari oleh orang lain. Jangan menggunakan roller karena tidak akan bagus hasilnya.

Menggunakan masking tape untuk mengecat kusen jendela

Cara ngecat kusen jendela

Caranya sangat mudah dan tidak berbeda jauh dengan cara ngecat dinding. Lapisi kaca yang ada di semua sisi kusen/bingkai jendela, tekan dan rapikan ujungnya menggunakan scraper, lalu potong sisa lakban. Setelah itu Anda bisa mengecat kusen tanpa takut belepotan.

Cara mengelupas lakban kertas / painters tape

Kapan mengelupas masking tape dari dinding

Banyak masalah yang sering terjadi ketika mengelupas painters tape dari dinding. Jika dibiarkan terlalu lama, lakban bisa tertempel dengan sangat rekat di permukaan dan sulit dilepas. Jika cat baru setengah kering, cat untuk dinding bisa ikut terkelupas bersamaan dengan lakban. Serta ada banyak masalah lain yang terjadi.

Untuk menghindari masalah tersebut, kunci awalnya Anda harus memilih painters tape yang tepat. Jika Anda berencana untuk melakukan proses pengecatan dalam jangka waktu lama, pilihlah painters tape yang zat adhesifnya (lem) lama untuk mengeras/kering.

Setelah itu, toreh bagian sisi lakban kertas sebelum mengelupasnya. Idealnya, Anda harus mengelupas lakban kertas sebelum cat kering. Namun kenyataannya, kebanyakan cat dinding yang berbahan dasar air bisa kering dengan cukup cepat.

Jadi caranya, biarkan lapisan cat sampai kering dengan sempurna, lalu toreh bagian sisi lakban kertas untuk memutuskan cat di tembok dengan cat yang menempel di lakban kertas. Hal ini akan menjamin hasil cat anda tidak akan rusak saat lakban kertas dikelupas.

Trik akhirnya, setelah cat benar-benar kering, mulailah menarik painters tape dengan sudut 45 derajat (lihat gambar). Hal ini ditujukan untuk mengurangi resiko cat ikut terkelupas bersamaan dengan lakban.

45 derajat sudut yang tepat saat mengelupas masking tape dari dinding

 

Semoga tips dan trik cara ngecat dinding di atas bisa membantu. Anda dapat mendapatkan lakban kertas, scraper, kraft paper tape tanpa lem, serta bahan dan alat mengecat tembok lainnya di toko besi terdekat.

Jangan lupa untuk share informasi ini untuk kerabat anda yang hendak mengganti warna cat rumahnya ya!

Kami juga menyediakan alat serta perkakas tersebut dengan merk dan harga yang bersaing. Hubungi CS kami untuk informasi lebih lanjut.

X

Produk Lampu Emergency

No items found.

RAGU?! Pernah ketipu belanja online?

Biarkan Review Jujur yang Berbicara

Di saat membuat testimoni palsu semudah mengganti foto di WA.
Kami sajikan review ASLI dari orang-orang yang telah merasakan langsung produk dan pelayanan kami.

Silahkan klik Foto Review untuk Memastikan

Testimoni - ReviewPengiriman - PembayaranGaransi dan PenggantianMenjadi Mitra Droship PointKesempatan Bisnis Reseller
S-gala.comGoogle Map Alamat kami
Rajin Review FREE HP Samsung A10s
Tim Pengaduan akan menghubungi anda dalam 1x24 jam

No WA Keluhan :
081222768892
Tutup Form
Refresh Halaman dan Kirim Ulang
X
Form Keluhan Pelanggan
2018-2020 CV Qions Putra Perkasa