Iklan Sponsor
Logo S-Gala.com png

Lakban Gypsum/Fiberglass Tape, Penutup Lubang di Rumah Anda

November 29, 2022
Lakban Gypsum / Fiberglass Tape
Iklan Sponsor

Fiberglass tape atau biasa dikenal dengan lakban gypsum / jointing tape adalah lakban yang digunakan untuk mengisolasi sambungan, lubang, atau sela-sela plafon atau dinding sebelum proses plamir sehingga menghasilkan bekas sambungan yang tertutup rapi, halus, kuat dan mencegah timbulnya retakan atau pecah setelah plamir.

Bahan pembuat lakban ini tentunya fiberglass yang disusun menyerupai kain. Selain digunakan untuk lakban, bahan ini juga seringkali digunakan untuk filter/saringan. Di pasaran terdapat dua jenis fiberglass tape, yaitu lakban yang memiliki perekat dan tanpa perekat.

==AS1==

Tips Pemasangan Lakban Gypsum

cara pasang fiberglass tape
Gambar 1. Penggunaan lakban gypsum

 Ada beberapa tips dalam menggunakan lakban gypsum agar menghasilkan hasil yang baik dalam pengerjaan plafon atau dinding.

Pertama yang harus diperhatikan adalah pemilihan lakban gypsum

Pastikan lakban yang dibeli adalah fiberglass tape yang memiliki perekat karena lebih mudah digunakan dan menghindari terjadinya un-roll. Anda bisa juga menggunakan lakban yang tidak berperekat, namun pengerjaannya akan menjadi sedikit lebih lama dan sulit.

==AS2==

Perhatikan juga pisau atau gunting yang digunakan

Pastikan pisau atau gunting yang digunakan tajam. Pisau atau gunting yang tumpul dapat menimbulkan serat pada fiberglass tertarik. Hal ini akan mengurangi kerapian dalam pengerjaan, belum lagi akan sulit memotong lakban ini jika pisau atau gunting yang digunakan tumpul.

dispenser fiberglass tape
Gambar 2. Dispenser untuk jointing tape

Kamu dapat juga menggunakan dispenser khusus jika pekerjaan yang dilakukan tergolong banyak. Dispenser khusus ini sudah dilengkapi dengan pisau sehingga proses menempel dan memotong akan jauh lebih cepat.

Isi sela-sela dengan filler sebelum memasang lakban

Untuk menambal sela dinding atau plafon dengan jarak kurang lebih 6 mm atau lebih, kalian harus terlebih dahulu mengisi sela tersebut dengan filler instan atau bahan plamir untuk gypsum sebelum mengaplikasikan lakbannya.

==AS3==

Memperbaiki gypsum yang rusak menggunakan fiberglass tape

Untuk memperbaiki gypsum yang pecah, salah potong, atau kerusakan lainnya yang membuat isi dari gypsum terlihat, caranya adalah dengan menutup area yang rusak dengan jointing tape dari ujung satu ke ujung lainnya, setelah itu tutup dengan plamir.

Menggunakan lakban ini sangatlah mudah, namun pastikan posisi sela yang akan ditutup ada ditengah-tengah lebar dari lakban, lalu tekan secara merata dengan tangan. Lebih baik jika menggunakan sarung tangan untuk melindungi tangan dari fiberglass tape yang terbilang kasar ini.

Daya Rekat

Fiberglass tape tidak memiliki daya rekat yang sangat kuat, sehingga gunakan segera setelah kemasan dibuka, terutama jika kalian memperbaiki plafon.

Setelah menempel lakban pada plafon, segera lakukan proses plamir untuk menyatukan lakban ini dengan plafon.

Jika terdapat sisa lakban, gunakan plastik yang memiliki seal untuk menyimpannya dan jauhkan dari debu untuk membuat perekatnya tetap bekerja dengan baik.

cara simpan fiberglass tape
Gambar 3. Gunakan plastik yang memiliki seal untuk menyimpan sisa dari lakban gypsum

Ukuran, Merk, dan Harga

Ada beberapa ukuran jointing tape, tapi yang paling umum adalah lebar 5cm dan panjang sekitar 75m.

Harga lakban gypsum berkisar antara Rp 5,000 – Rp 20,000 per roll.

==AS4==

Beberapa merk lakban gypsum yang terkenal sbb:

  • Hoki
  • Camel
  • VPR
  • HPP
  • Weldom
  • Pollak
  • Dll

Kamu bisa cek harga dan ukuran fiberglass tape di katalog kami. Lakban ini juga bisa dijadikan sumber penghasilan yang potensial, lho!

Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Beriklan hubungi 081-222-768-892
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Tutup Kalatog

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Terhubung dengan Whatsapp tim penjualan kami
Tutup Iklan  X
Tutup