Terima Kasih!
Home

 >>  

Blog

 >>  

Lakban

 >>  

Lakban Kertas

 >>  

Informasi Mendalam Seputar Lakban Kertas / Masking Tape

Kertas Lakban

Di publish oleh S-Gala.com, Tanggal 

May 29, 2020

'Klik'  Untuk Melihat Menutup Daftar Isi Artikel

Informasi Mendalam Seputar Lakban Kertas / Masking Tape

Dapatkan Lampu Gratis,

 Share Artikel Ini

FB Logo

Bagikan di Facebook

Bagikan di Whatsapp

Definisi dan Sejarah

Lakban Kertas

Artikel ini akan membahas salah satu benda yang pastinya sudah tidak asing dalam kehidupan sehari-hari yaitu Lakban Kertas.

Lakban kertas merupakan salah satu jenis selotip yang terbuat dari material kertas tipis. Sifatnya mudah sobek sehingga seringkali kita tidak perlu gunting untuk memotongnya. Benda ini biasa digunakan sebagai alat bantu dalam proses mewarna/pengecatan.

Nama lain lakban kertas :

  • Masking tape (paling sering digunakan)
  • Paper masking tape
  • Duct masking tape
  • Kertas lakban
  • Isolasi kertas
  • Selotip kertas
  • Washi tape (selotip kertas warna-warni dan bermotif, biasanya untuk kerajinan tangan)

Seperti selotip  pada umumnya, produk ini sudah dilapisi oleh zat perekat atau lem di salah satu sisinya. Jadi kita tinggal menempelkan permukaan yang mengandung lem, lalu menekannya sedikit, maka lakban sudah langsung tertempel. Sifat selotip yang seperti itu sering disebut dengan istilah pressure-sensitive.

Sejarah awal

Penemu lakban kertas
Richard Drew

Selotip kertas pertama kali dibuat tahun 1925 oleh Richard Drew, beliau adalah karyawan perusahaan 3M. Awalnya, Richard Drew melihat bahwa para pekerja cat mobil merasa kesulitan untuk membersihkan sisa lem dari lakban yang digunakan sebagai alat bantu untuk pekerjaan mengecat.

Tingkat kerekatan yang kuat meninggalkan bekas sisa lem di permukaan mobil setelah lakban dikelupas, dan tentunya hal ini menyebabkan adanya biaya tambahan bagi perusahaan untuk membersihkan sisa lem tersebut.

Jadi, Richard Drew membuat sebuah inovasi lakban yang memiliki tingkat kerekatan lem yang rendah, dan dibuatlah masking tape seperti yang kita kenal sekarang ini.

Perbedaan Masking Tape dengan Selotip pada Umumnya

Apa bedanya lakban biasa/isolasi dengan masking tape? Perbedaan terletak pada bahan utama dan juga daya rekatnya. Lakban biasa atau isolasi yang ada di kotak peralatan rumah tangga biasanya terbuat dari bahan plastik, sedangkan masking tape bahan utamanya tentu adalah kertas itu sendiri.

Masking Tape memiliki kerekatan yang lebih rendah sehingga dapat dengan mudah dikelupas tanpa meninggalkan residu berupa sisa lem pada permukaan yang ditempel. Meskipun begitu, produk ini tetap memiliki variasi daya rekat yang berbeda-beda.

Komposisi Kertas Lakban

Sesuai dengan namanya, bahan utama selotip kertas adalah kertas tipis yang mudah sobek. Umumnya produk ini memiliki tekstur sedikit kasar. Di salah satu sisinya, selotip kertas dilapisi oleh zat perekat atau lem dengan daya rekat yang tidak terlalu tinggi. Di sisi sebaliknya, masking tape juga  dilapisi zat kimia tipis yang bersifat polimer agar ketika digunakan untuk mewarna atau mengecat, larutan cat tidak tembus dan mengenai permukaan yang sedang dicat.

Resistensi air

Pada umumnya, selotip kertas bersifat tahan air atau waterproof karena adanya lapisan kimia bersifat polimer seperti yang sudah disebutkan di atas.

Bersifat semi eco-friendly

Karena komposisi utamanya adalah kertas, tentu selotip kertas bersifat biodegradable atau dapat didaur ulang. Namun, lapisan zat kimia yang ada di kedua sisi selotip kertas tidak dapat didaur ulang. Zat kimia tersebut adalah zat adhesive(lem/perekat) dan lapisan zat polimer yang berfungsi untuk menahan cat.

Jenis dan Kegunaan Lakban Kertas

Secara umum, selotip kertas fungsinya untuk untuk keperluan ‘mewarnai’. Produk ini biasanya digunakan untuk menutupi sebagian area yang akan diwarnai agar nantinya menghasilkan garis lurus ketika lakban dikelupas. Berdasarkan fungsinya, selotip kertas dibagi menjadi beberapa jenis sbb.

Watercolor Tape

aplikasi lakban kertas pada canvas

Watercolor tape adalah jenis selotip kertas yang biasa kita temukan di toko buku. Selotip kertas jenis ini digunakan untuk keperluan mewarna dipermukaan kertas atau kanvas. Watercolor tape tahan terhadap cat air ataupun cat minyak, sehingga cat tidak akan merembes dan mengotori permukaan kertas ataupun kanvas.

Hasil Pewarnaan dengan Watercolor Tape

Painters Tape 

painters tape
Painters Tape

Painters tape adalah jenis selotip kertas yang sering digunakan untuk keperluan mengecat ataupun dekorasi dinding rumah. Painters tape ditempelkan di dinding sesuai dengan pola yang diinginkan, lalu dinding dicat. Setelah cat dinding kering, painters tape dikelupas perlahan. Maka akan muncul motif atau desain garis di dinding.

Painters tape biasanya lebih tebal, berdaya rekat lebih tinggi, dan terlapis oleh zat polimer yang lebih banyak daripada watercolor tape. Hal ini dikarenakan painters tape harus mampu menahan rembesan cat dinding yang bersifat lebih kental dan kuat daripada cat air ataupun cat minyak.

Penggunaan painters tape sering dibarengi dengan penggunaan kraft paper tape.

Aplikasi Painters Tape di Dinding
Aplikasi Painters Tape pada Dinding

 Airbrush Tape

Airbrush tape adalah jenis selotip kertas / masking tape yang digunakan untuk menutupi area yang diwarnai oleh cat semprot atau yang sering kita dengar dengan metode airbrush. Permukaan yang biasanya diwarnai dengan metode airbrush adalah permukaan licin seperti badan mobil, motor, atau helm.

Cat semprot memiliki molekul yang sangat kecil (nano), jadi selotip kertas yang digunakan dalam proses ini harus mampu menahan molekul sangat kecil agar zat warna tidak tembus. Daya rekatnya tidak boleh tinggi karena permukaannya licin dan dapat ditempel dengan mudah, namun zat kimia polimer pelapisnya harus kuat agar mampu menahan molekul nano dari cat semprot.

Airbrush Tape proses
Aplikasi Painters Tape

Memilih Kertas Lakban yang Bagus dan Jelek

Selotip kertas memiliki sangat banyak variasi; mulai dari ukuran, warna, bahan pelapis, tekstur, pola/coraknya, ketebalan, serta daya rekatnya.

Kita dapat memilih varian jenis masking tape terbaik sesuai dengan spesifikasi yang kita butuhkan. Namun secara umum, karena penggunaan utama selotip kertas adalah untuk menutupi area agar tidak terkena zat warna, maka yang terbaik adalah lakban kertas dengan ciri-ciri sbb.

Ciri-ciri Selotip Kertas Berkualitas :

  • Merekat sempurna pada permukaan
  • Tidak tembus saat digunakan mengecat
  • Menghasilkan garis lurus yang rapi serta bersih.
  • Memberikan hasil akhir sempurna pengecetan sempurna

Ada 3 Jenis Produk Lakban Kertas :

  • Watercolor tape : Jenis paling banyak di toko buku biasanya digunakan untuk mewarnai dengan cati air atau cat minyak
  • Painters tape : Jenis yang biasanya digunakan untuk mengceat tembok rumah, lebih tebal, daya rekat tinggi, kandungan polimer lebih tinggi
  • Airbrush tape : Digunakan pada aplikasi cat semprot/air brush, memiliki permukaan lebih licin, mampu menahan partikel nano dari cat semprot

 Kesimpulan seputar produk ini :

  • Terbuat dari kertas tipis yang dilapisi oleh zat perekat berdaya rekat ringan
  • Perbedaan lakban atau isolasi biasa dengan produk ini terletak pada bahan utama pembuatnya dan juga daya rekatnya
  • Dilapisi oleh zat polimer yangmembuatnya bersifat tahan air (waterproof)
  • Bersifat semi eco-friendly
  • Digunakan untuk keperluan mengecat
'Klik'  Untuk Melihat Menutup Daftar Isi Artikel
Kirim Katalog Produk Ke Email
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Informasi Reseller
Bergabung bersama ribuan reseller lainnya. Dengan modal awal Rp 200rb.
Informasi Reseller

Klik untuk Tanya-Tanya seputar Produk / Reseller ?

S-gala.comGoogle Map Alamat kami

Dapatkan Katalog Lengkap Reseller diemail anda

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Atau Chat LANGSUNG dengan admin kami melalui WA dengan klik tombol dibawah

CHAT WA Admin
Testimoni - ReviewPengiriman - PembayaranGaransi dan PenggantianMenjadi Mitra Droship PointKesempatan Bisnis Reseller
S-gala.comGoogle Map Alamat kami
Rajin Review FREE HP Samsung A10s
Tim Pengaduan akan menghubungi anda dalam 1x24 jam

No WA Keluhan :
081222768892
Tutup Form
Refresh Halaman dan Kirim Ulang
X
Form Keluhan Pelanggan
2018-2020 CV Qions Putra Perkasa