Iklan Sponsor
Logo S-Gala.com png

Apa itu Listrik?

November 10, 2022
Listrik
Iklan Sponsor

Di zaman maju seperti sekarang ini, listrik menjadi salah satu sumber energi utama yang paling banyak digunakan di banyak sektor.

Lalu apa sih sebenarnya listrik itu sendiri?

Ada apa saja unsur yang mempengaruhi arus listrik?

Dan hal-hal apa saja yang menggunakan tenaga listrik?

S-gala.com akan membahasnya secara rinci untuk kalian semua.

==AS1==

Mengenal Listrik

Listrik berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah daya atau kekuatan yang ditimbulkan oleh adanya pergesekan atau melalui proses kimia, dapat digunakan untuk menghasilkan panas atau cahaya, atau untuk menjalankan mesin.

Secara singkat, listrik adalah rangkaian fenomena fisika yang berhubungan dengan kehadiran dan aliran muatan listrik.

Listrik menimbulkan berbagai macam efek, seperti petir, listrik statis, induksi elektromagnetik dan arus listrik. Listrik juga bisa menimbulkan dan menerima radiasi elektromagnetik, seperti gelombang radio.

Dari sini dapat diketahui bahwa listrik ini dapat terbentuk melalui dua proses, yang pertama karena adanya gesekan antara dua benda atau lebih dan juga adanya proses kimia yang mampu menghasilkan listrik.

Jika ditinjau dari segi bahasa, listrik berasal dari bahasa inggris yakni electric yang memiliki arti energi yang memiliki muatan arus.

Listrik Statis

listrik statis

Dalam ilmu fisika, listrik dibagi menjadi dua jenis, yakni listrik statis dan juga listrik dinamis.

Pengertian listrik statis adalah suatu energi listrik yang terkandung dalam benda yang memiliki muatan listrik. Pembentukan listrik statis ini berasal dari beberapa atom yang terdiri dari proton dan elektron yang kemudian menghasilkan energi listrik.

Listrik statis ini biasanya dapat dibuktikan keberadaannya melalui eksperimen yang menggunakan media penggaris dan potongan kertas kecil-kecil. Awalnya penggaris dapat digesek-gesekkan pada kain atau baju, setelah itu dekatkan pada potongan kertas tadi.

Bukti keberadaan energi listrik adalah ketika potongan kertas tersebut menempel pada permukaan penggaris.

==AS2==

Listrik Dinamis

listrik dinamis

Sedangkan pengertian listrik dinamis merupakan energi listrik yang dapat bergerak. Listrik dinamis inilah yang biasanya menggunakan media baterai yang dihubungkan dengan rangkaian elektronika tertentu sehingga membuat benda tersebut dapat bergerak.

Listrik dinamis ini dapat dibagi menjadi beberapa jenis rangkaian listrik, misalnya rangkaian seri, dan juga rangkaian parallel.

Dalam listrik dinamis ini juga dikenal beberapa istilah yang familiar di dunia fisika, yakni :

  • Tegangan
  • Hambatan
  • Arus listrik

Daya listrik dapat dinyatakan dalam satuan watt, sementara untuk arus listrik digunakan satuan ampere (A). Berbeda halnya dengan tegangan listrik yang memiliki satuan Volt (V).

Tegangan Listrik

Tegangan listrik merupakan perbedaan potensial listrik yang terjadi pada dua titik yang ada dalam satu rangkaian listrik. Tegangan listrik biasanya dinyatakan dengan satuan volt dan dihitung atau pun diukur dengan menggunakan voltmeter.

Hambatan Listrik

Hambatan, arus, dan tegangan listrik

Hambatan listrik merupakan perbandingan tegangan suatu alat elektronik listrik dengan arus listrik yang melewatinya. Hambatan listrik biasanya dinyatakan dalam satuan ohm dan diukur dengan menggunakan ohmmeter.

Arus Listrik

Arus listrik merupakan jumlah muatan listrik yang timbul dari pergerakan elektron – elektron dalam satu rangkaian listrik yang diukur dalam satu satuan waktu tertentu. Besaran arus listrik biasanya dinyatakan dengan menggunakan satuan amphere dan diukur dengan menggunakan ampheremeter.

Berdasarkan arah alirannya, arus listrik dibedakan menjadi dua jenis yaitu arus searah dan arus bolak-balik. Arus searah sering disebut dengan DC yang merupakan singkatan dari Direct Current. Sedangkan arus bolak-balik sering disebut dengan AC singkatan dari Alternating Current.

==AS3==

1. Arus Searah (DC)

Arus searah mengalir secara searah dari titik yang memiliki potensial tinggi ke titik yang memiliki potensial lebih rendah.

Meskipun sebenarnya yang mengalir adalah elektron (muatan negatif) namun disepakati bahwa yang mengalir adalah arus positif, dari kutub positif ke kutub negatif. Jika dilihat bentuk gelombangnya dengan oscilloscope, arus searah terlihat sebagai garis lurus.

2. Arus Bolak-balik (AC)

Sedangkan arus bolak-balik memiliki aliran arus yang berubah-ubah arahnya. Perubahan arah arus bolak-balik ini mengikuti garis waktu sehingga jika dilihat dengan oscilloscope, arus bolak-balik membentuk sebuah gelombang dengan frekuensi tertentu.

Bentuk gelombang arus bolak-balik ada yang beraturan dan tidak beraturan. Contoh bentuk gelombang arus bolak-balik yang beraturan adalah sinus, kotak dan gigi gergaji.

==AS4==

Manfaat Kelistrikan bagi Kehidupan Manusia

Setelah mengetaui mengenai listrik, berikut adalah manfaat dari listrik :

Sebagai penerangan

Listrik untuk penerangan

Penerangan seperti lampu tentu membutuhkan sumber arus listrik sehingga penerangan atau lampu bisa menyala. Dengan adanya penerangan atau lampu tentu dalam melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari akan lebih mudah. Hampir sama dengan manfaat matahari

Sumber energi

Selain berfungsi sebagai penerangan, fungsi lain dari arus listrik adalah sumber energi. Karena dengan adanya listrik seluruh energi dapat dibangkitkan oleh karena itu listrik sangat penting bagi kehidupan sehari-hari apalagi untuk menunjang aktivitas manusia.

==AS5==

Untuk hiburan

Tentu salah satu manfaat sumber arus listrik bagi kehidupan adalah sebagai hiburan. Meskipun bukan sebagai manfaat utama, tapi dengan adanya sumber arus listrik ini maka sumber atau alat yang digunakan untuk hiburan dapat menyala, seperti piano, handphone, radio, tv dan lain sebagainya.

Peralatan tersebut membutuhkan sumber arus listrik untuk menyalakannya, tanpa adanya sumber arus listrik maka peralatan yang demikian itu tidak dapat menyala.

Penghasil gerak

Listrik sebagai penghasil gerak

Arus listrik dapat menghasilkan gerak. Seperti layaknya kipas angin, kipas angin tidak akan dapat bergerak tanpa adanya aliran arus listrik. Maka dari itu mengapa salah satu manfaat sumber arus listrik disebutkan sebagai penghasil gerak. Karena dengan adanya listrik maka kipas dapat bergerak.

Penghasil panas

Sama halnya dengan ilustrasi dari kipas. Manfaat sumber arus listrik yang lain pun adalah penghasil panas. Dengan adanya arus listrik, maka panas dapat dimunculkan, seperti fungsi oven, magic com, rice cooker, dan lain sebagainya yang membutuhkan fungsi sumber arus listrik sebagai penghantar panas. Dengan demikian alat elektronik yang semacam itu akan dapat digunakan dengan baik dan sebagaimana mestinya.

Membantu aktivitas

Dalam melakukan aktivitas keseharian tentu tidak dengan mudah terlepas dari benda-benda elektronik.

Sebagai ilustrasi saja, ketika ingin menghubungi seseorang membutuhkan handphone untuk melakukan panggilan jarak jauh tersebut, namun jika kondisi handphone habis baterainya dan tidak ada sumber arus listrik maka kegiatan yang semacam itu tidak dapat berjalan.

Dengan demikian dibutuhkan sumber arus listrik untuk memperlancar dan membantu aktivitas-aktivitas dalam kehidupan sehari-hari sehingga aktivitas itu akan lebih mudah dilakukan dan lebih efektif serta efisien.

Sekian penjelasan S-gala.com kali ini mengenai kelistrikan, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan ya!

Ikuti selalu berbagai informasi menarik hanya di blogpost S-gala.com.

Dapatkan juga informasi peluang bisnis menarik LAMPU LED MURAH dengan modal kecil berpotensi untung jutaan rupiah per bulan melalui kontak CS kami berikut ini >>  CHAT WA ADMIN

Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Beriklan hubungi 081-222-768-892
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Tutup Kalatog

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Terhubung dengan Whatsapp tim penjualan kami
Tutup Iklan  X
Tutup