Terima Kasih!
Home

 >>  

Blog

 >>  

Lakban

 >>  

Lakban Kertas

 >>  

Informasi Mendalam Seputar Lakban Kertas / Masking Tape part. 2

Di publish oleh S-Gala.com, Tanggal 

May 30, 2020

'Klik'  Untuk Melihat Menutup Daftar Isi Artikel

Informasi Mendalam Seputar Lakban Kertas / Masking Tape part. 2

Dapatkan Lampu Gratis,

 Share Artikel Ini

FB Logo

Bagikan di Facebook

Bagikan di Whatsapp

Di artikel sebelumnya, kita telah mempelajari definisi, fungsi, serta jenis dari lakban kertas. Kali ini, mari kita kupas lagi pengetahuan mengenai benda serbaguna ini dari segi variasi, merk, dan ukuran yang ada di pasar Indonesia.

Varian Masking Tape

Apabila kita pergi ke toko buku, toko alat bangunan, ataupun toko listrik, kita dapat menemukan banyak varian dari selotip  kertas. Variasi lakban kertas ada yang tipis, tebal, berwarna putih, biru, kuning, bertekstur kasar, halus, dan lain-lain.  

Banyaknya variasi tersebut terkadang membuat kita bingung untuk memilih. Maka dari itu, mari kita mengenal lebih jauh berbagai varian dari benda ini.

Warna

Colorful paper tape

Di pasaran, kita dapat menemukan berbagai warna dari lakban kertas. Sebenarnya, warna tidak akan berpengaruh terhadap fungsinya. Apapun warnanya, kita dapat menggunakannya sesuai dengan keperluan.

Namun pada umumnya, ada 3 warna utama yang biasanya digunakan sebagai acuan.

  • Warna putih atau krem - biasanya watercolor tape dibuat oleh pabrik menggunakan warna putih atau krem. Ini adalah warna dasar dari kertas yang digunakan untuk membuat watercolor tape. Tapi jangan heran bila saat di toko buku, Anda menemukan benda ini dalam beragam warna yang menarik. Hal ini ditujukan untuk tujuan pemasaran semata, karena biasanya orang seni lukis atau anak-anak sekolah atau ibu rumah tangga yang menjadi target pasar utama produk ini (stationary tape) sangat menyukai warna-warni yang menarik daripada sekedar warna putih atau krem untuk digunakan di kehidupan sehari-hari.
Masking tape putih
  • Warna biru atau hijau - Warna biru dan hijau  biasanya menunjukkan masking tape jenis painters tape. Painters tape biasanya tidak memiliki banyak varian warna karena target pasarnya adalah seniman dinding atau pengecat tembok. Berbeda dengan target pasar watercolor tape, para seniman dinding membeli painters tape karena sudah tahu tujuan dan jumlah yang akan dibeli, jadi para produsen tidak perlu membuat banyak variasi warna untuk menarik pembeli.
Masking tape biru
Lakban kertas hiijau
  • Warna kuning - Airbrush tape biasanya ditunjukkan dengan warna kuning. Sama dengan painters tape, target pasar dari airbrush tape sudah jelas. Jadi tidak perlu dibuat banyak variasi warna untuk menarik pembeli undefinedairbrush tape ini.
Masking tape kuning

Jangan heran bila anda menemukan masking tape yang terbuat dari kertas berwarna cokelat, ada yang dilapisi oleh lem dan ada yang tidak. Lakban tersebut dikenal dengan nama kraft paper tape. Kertas yang juga sering disebut lakban ini sangat cocok digunakan sebagai alat bantu saat mengecat dinding.

Meskipun begitu, acuan warna yang dijabarkan di atas merupakan warna yang umumnya atau kebanyakan digunakan oleh produsen. Jadi jangan heran bila Anda tetap menemukan warna lain di luar yang telah dijelaskan di atas.

Pola / Corak

Masking tape pattern, washi tape

Pada umumnya, lakban kertas tidak berpola atau bercorak – alias polos. Namun jangan bingung bila Anda melihat ada di pasaran yang memiliki corak.

Biasanya, pola/corak yang menarik dibuat untuk kepentingan pemasaran semata. Jenis watercolor tape adalah jenis yang biasanya dibuat bercorak agar pembeli tertarik untuk membeli. Benda ini sering juga disebut dengan nama washi tape.

Tekstur Masking Tape

  • Kasar - Watercolor & painters tape biasanya memiliki tekstur yang sedikit kasar atau sering dikenal dengan istilah kertas krep (crepe). Tekstur crepe ini fungsinya untuk menutupi pori-pori permukaan kertas, kanvas, dan tembok. Apabila teksturnya dibuat halus, masking tape tidak akan mampu menutupi permukaan kertas, kanvas, dan tembok yang cenderung bertekstur atau berpori-pori besar, sehingga cat akan merembes dari sisi lakban dan hasilnya tidak bagus.
  • Halus - Beda halnya dengan airbrush tape yang biasanya bertekstur halus. Hal ini dikarenakan permukaan yang diwarna (mobil, motor, atau helm) juga bertekstur licin, halus, dan tidak berpori besar.

Ketebalan dan Tingkat Kerekatan

Secara sekilas, semua lakban kertas memiliki ketebalan yang sama. Namun kita perlu mengetahui bahwa ada perbedaan ketebalan dari setiap jenis lakban kertas.

Perbedaan ketebalan ini terletak pada jumlah serta konsentrasi dari lapisan zat adhesif (perekat) dan juga lapisan zat kimia polimer yang melapisi kertas dasar pembentuknya. Namun walaupun sedikit atau banyak lapisan kimianya, masking tape harus tetap mudah digunakan dan tidak boleh meninggalkan bekas lem di permukaan benda yang diwarnai. Itu adalah esensi utamanya.

Ketebalan zat pelapis lakban kertas serta penggunaannya dapat dilihat dalam gambar berikut.

Ketebalan lakban kertas
Ketebalan masking tape berdasarkan lapisan zat kimianya

Ukuran

Semua masking tape baik itu watercolor, painters, ataupun airbrush tape dibuat dalam berbagai ukuran lebar dan panjang.

Ukuran paling kecil lebarnya mulai dari 0.25 inci (6.35 mm) sampai dengan 6 inci (15.24 cm).

Dalam 1 roll biasa (bukan yang berwarna atau corak menarik), panjangnya ada dari 2.7 meter sampai dengan 55 meter per roll nya.

Kita dapat membeli masking tape terbaik dengan lebar dan panjang yang disesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan masing-masing.

Merk

Di Indonesia, ada banyak merk masking tape yang ada dipasaran. Namun ada 6 merk yang paling laku atau paling banyak dicari dan digunakan, yaitu :

  1. 3M
  2. Daimaru
  3. Nachi
  4. Scotch
  5. Hoki
  6. Ekatape

Anda bisa mendapatkan produk ini dengan merk Daimaru, Hoki, dan Ekatape di toko kami.

Ketiga merk yang kami jual tidak kalah kualitasnya dengan merk terkenal lainnya, tapi dari segi harga sangatlah bersaing dan sangat berpeluang besar untuk dijual kembali.

Kesimpulan

  • Watercolortape berwarna dasar putih atau krem, tapi seiring perkembangan waktu dibuat juga berwarna-warni dan bermotif untuk tujuan pemasaran.
  • Painters tape biasanya berwarna biru dan hijau.
  • Airbrushtape biasanya berwarna kuning.
  • Watercolor dan painters tape biasanya bertekstur kasar (crepe), sedangkan airbrush tape biasanya bertekstur halus.
  • Masking tape mengandung kadar zat adhesive dan zat lapisan polimer yang berbeda-beda, dibuat sesuai fungsi tujuannya.
  • Lebar paling kecil ada dari 0.25” sampai dengan paling besar 6”.
  • Panjang masking tape ada dari 2.7 meter sampai dengan 55 meter per roll.
'Klik'  Untuk Melihat Menutup Daftar Isi Artikel
Kirim Katalog Produk Ke Email
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Informasi Reseller
Bergabung bersama ribuan reseller lainnya. Dengan modal awal Rp 200rb.
Informasi Reseller

Klik untuk Tanya-Tanya seputar Produk / Reseller ?

S-gala.comGoogle Map Alamat kami

Dapatkan Katalog Lengkap Reseller diemail anda

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Atau Chat LANGSUNG dengan admin kami melalui WA dengan klik tombol dibawah

CHAT WA Admin
Testimoni - ReviewPengiriman - PembayaranGaransi dan PenggantianMenjadi Mitra Droship PointKesempatan Bisnis Reseller
S-gala.comGoogle Map Alamat kami
Rajin Review FREE HP Samsung A10s
Tim Pengaduan akan menghubungi anda dalam 1x24 jam

No WA Keluhan :
081222768892
Tutup Form
Refresh Halaman dan Kirim Ulang
X
Form Keluhan Pelanggan
2018-2020 CV Qions Putra Perkasa