Iklan Sponsor
Logo S-Gala.com png

Mengenal MCB Listrik

July 6, 2022
Cover MCB Listrik
Iklan Sponsor

Miniature Circuit Breaker atau yang biasa dikenal dengan MCB adalah sebuah perangkat elektronik yang berfungsi sebagai pemutus arus listrik jika terjadi arus berlebih atau hubungan pendek arus listrik (short circuit).

Fungsi utamanya adalah untuk memutus arus listrik sehingga dapat melindungi perangkat elektronik dan mencegah timbulnya api yang bisa menyebabkan kebarakan.

Sedikit berbeda dengan sekering (fuse) biasa yang setelah terjadi arus listrik berlebih akan putus dan harus diganti, MCB dapat direset kembali (dihubungkan kembali) secara manual dengan knob switch atau otomatis tanpa harus menggantinya.

Mini Circuit Breaker
Gambar MCB

Cara Kerja MCB Listrik

Cara kerja MCB listrik sendiri sebenarnya cukup sederhana, yaitu menggunakan prinsip bimetal yang jika terkena arus listrik berlebih akan memanas dan melengkung ke satu arah yang akan memicu rangkaian mekanik di dalamnya sehingga memutus sambungan listrik.

MCB PLN

Jika kalian perhatikan, MCB listrik ini dipasang pada bagian bawah meteran listrik PLN (KWH meter) dan kotak MCB di dalam rumah.

Informasi tambahan: MCB yang terpasang pada meteran listrik PLN tersegel dan tidak boleh dibongkar atau diganti sendiri karena merupakan tindakan yang illegal dan melanggar hukum, hanya petugas PLN resmi yang boleh menggantinya.

Tujuan MCB yang terpasang pada meteran listrik PLN adalah untuk membatasi arus listrik yang dapat digunakan di rumah tersebut.

Misalkan kalian berlangganan listrik dengan daya 1300 Watt, maka MCB yang terpasang adalah berkapasitas 6A (hitungan kasarnya 6A x 220VAC = 1320Watt) sehingga jika di rumah kalian terpasang perangkat elektronik yang melebihi kapasitas daya 1300Watt, secara otomatis MCB akan memutus arus listrik karena terjadi kelebihan beban dan mengharuskan pemilik rumah untuk mematikan beberapa perangkat elektronik sebelum mereset kembali MCB-nya.

MCB Listrik PLN
Gambar MCB yang dipasang pada meteran listrik PLN

MCB Listrik di Dalam Rumah

Sedangkan MCB listrik yang terpasang di dalam rumah pada box MCB biasanya digunakan untuk membagi arus listrik yang dapat digunakan di setiap bagian rumah.

Selain itu, MCB ini juga dapat menjadi sarana troubleshooting jika terjadi masalah kelistrikan yang terjadi di dalam rumah seperti mengisolir di bagian mana terjadinya masalah (tinggal dilihat MCB mana yang turun maka tinggal mengecek bagian rumah yang terhubung dengan MCB tersebut).

Juga dapat digunakan sebagai saklar saat melakukan instalasi atau perbaikan kelistrikan tanpa harus mematikan listrik secara keseluruhan.

MCB terpusat
Gambar MCB yang terpasang pada box MCB yang terpusat

Perbedaan MCB, Sekering, & Saklar

Secara sepintas MCB ini dapat dikatakan gabungan antara sekering dengan saklar. Sama dengan sekering karena sama-sama berfungsi sebagai proteksi dan pemutus arus berlebih.

Perbedaannya, jika sekering telah menunaikan tugasnya (putus) maka harus diganti yang baru. Sama dengan saklar karena sama-sama dapat memutus arus dengan cara manual atau otomatis. Perbedaannya, saklar tidak memiliki pengaman jika terjadi beban berlebih atau hubungan singkat / arus pendek.

Jenis-Jenis Mini Circuit Breaker untuk Voltase Rendah

Berdasarkan International Standards (IEC), MCB listrik yang digunakan untuk voltase rendah (<1000 Volt), terdapat beberapa tipe dari MCB yang digunakan, diantaranya adalah sbb :

MCB Tipe B

Nominal Arus Trip : 3-5 kali dari arus maksimum yang tertulis pada MCB

Penggunaan : Perumahan dan industri skala ringan

MCB Tipe C

Nominal Arus Trip : 5-10 kali

Penggunaan : Lampu penerangan Gedung, alat listrik / motor listrik ukuran kecil, industry skala menengah

MCB Tipe D

Nominal Arus Trip : 10-25 kali

Penggunaan : Peralatan listrik yang menghasilkan lonjakan arus tinggi seperti mesin X-Ray, mesin las, motor listrik ukuran besar, mesin produksi, dll.

MCB Tipe K

Nominal Arus Trip : 8-12 kali

Penggunaan : Untuk memproteksi beban listrik yang menyebabkan lonjakan arus listrik tinggi namun singkat (400 milidetik – 2detik).

MCB Tipe Z

Nominal Arus Trip : 2-3 kali

Penggunaan : Untuk memproteksi beban listrik yang menyebabkan lonjakan arus listrik tinggi dengan periode sampai dengan 10 detik. Biasanya untuk memproteksi perangkat yang menggunakan semikonduktor atau transformator.

Varian Nominal Arus (Ampere) pada MCB

Nilai ampere pada MCB
Gambar berbagai macam nominal arus MCB

Varian nominal arus dari MCB juga bermacam-macam mulai dari 1a, 6a, 10a, 16a, 20a, 25a, 32a, 40a, 50a, 63a, sampai dengan ratusan Ampere.

Namun secara umum di Indonesia sendiri nominal arus yang sering digunakan mengacu pada pilihan daya yang disediakan oleh PLN.

Diantaranya adalah :

  • 4A (900W)
  • 6A (1300W)
  • 10A (2200W)
  • 16A (3500W)
  • 20A (4400W)
  • 25A (5500W), dsb.

Selain itu terdapat juga pilihan 1, 2, dan 3 fasa bergantung dari kebutuhan listrik yang digunakan.

Cara Pasang & Instalasi MCB

Pemasangan MCB pada prinsipnya sama dengan memasang saklar, yaitu dirangkaikan secara seri dengan beban (perangkat listrik).

Namun yang membedakan adalah posisinya, saklar ditempatkan dekat dengan beban yang ingin dikontrol sedangkan MCB terpasang secara terpusat pada satu titik (biasanya pada bagian depan rumah atau panel listrik) karena fungsinya sebagai pembagi beban listrik untuk setiap ruangan atau lantai.

MCB dipasangkan pada box MCB yang memiliki standard dudukan DIN Rail dan memasangnya sendiri tinggal membuka penguncinya dengan obeng minus, kaitkan MCB-nya ke dudukan DIN Rail lalu kunci kembali penguncinya.

Kabel tinggal disambungkan pada terminal bagian atas dan bawah dan dikencangkan dengan menggunakan obeng plus.

Cara Memilih MCB yang Baik

Cara memilih MCB

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih MCB:

  • Sesuaikan nominal arus maksimum MCB dengan beban yang sesuai. Jangan melebihi arus maksimum pada rumah karena dapat menyebabkan MCB tidak dapat berfungsi dengan seharusnya (pada saat kelebihan beban listrik, MCB tidak trip).
  • Pilihlah MCB yang memiliki kualitas yang baik, bisa dilihat dari build qualitynya yang rapi dan bahan yang tahan panas serta knob on off dapat difungsikan dengan baik (tidak macet atau terasa mengganjal).
  • Merk-merk yang biasa digunakan seperti Schneider, Broco, Merlin Gerin, ABB, dll. Atau untuk merk kalian dapat melihat MCB yang digunakan pada meteran PLN karena sudah dapat dipastikan merk tersebut memiliki standard kualitas yang baik.

Untuk harganya sendiri bervariasi bergantung merk dan nominal arusnya mulai dari puluhan sampai ratusan ribu rupiah.

Kalau kalian mau membeli atau bahkan berjualan MCB dengan modal kecil tapi kualitas tinggi, jangan ragu untuk segera hubungi CS kami melalui tautan berikut >> https://mauorder.online/blog-s-gala-com?produk=MCB

Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Beriklan hubungi 081-222-768-892
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Tutup Kalatog

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Terhubung dengan Whatsapp tim penjualan kami
Tutup Iklan  X
Tutup