Iklan Sponsor
Logo S-Gala.com png

Sumber Energi Listrik Dari Mana Aja Sih?

November 21, 2022
Sumber Energi Listrik
Iklan Sponsor

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja atau bisa juga diartikan sebagai daya (kekuatan) yang digunakan untuk melakukan berbagai proses kegiatan.

Energi tidak dapat dilihat tetapi dapat dirasakan manfaatnya. Segala sesuatu yang tersedia di alam dan mengandung energi disebut juga dengan sumber energi.

Energi tersebut perlu dipindahkan agar dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan manusia. Sumber energi ini dibagi menjadi dua jenis yaitu terbarukan dan tak terbarukan.

==AS1==

Macam-macam Sumber Energi Listrik

Pembagian tersebut berdasarkan pada daya guna dari sumber energi itu. Berikut adalah beberapa sumber energi yang dapat dimanfaatkan manusia berdasarkan jenisnya.

Energi tidak terbarukan

Energi tidak terbarukan adalah energi yang diperoleh dari sumber daya alam yang waktu pembentukannya sampai jutaan tahun.

Energi ini dikatakan tak terbarukan karena apabila sumber daya tersebut sudah digunakan, akan memerlukan waktu yang sangat lama untuk menggantikannya.

Batu Bara

Batu bara merupakan batuan yang berasal dari makhluk hidup mati dan terkubur jutaan tahun. Dengan menggunakan batubara, manusia bisa menghasilkan energi listrik.

Namun proses pengolahan batu bara ini akan menghasilkan gas beracun dan polutan.

Untuk mendapatkan batu bara, manusia membuat tambang dengan menggali dasar bumi.

Minyak Bumi

plt minyak bumi

Minyak bumi merupakan bahan bakar fosil yang memiliki bentuk cair.

Untuk mendapatkan minyak bumi yang terperangkap di lapisan batu, manusia membuat tambang yang bisa di darat ataudi dasar laut.

Minyak bumi dimanfaatkan untuk bahan bakar pada Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) dan banyak ditemukan di Indonesia.

Hanya saja sistem penghasil energi listrik ini bisa menimbulkan limbah asap yang bikin polusi udara.

==AS2==

Sumber Energi Listrik dari Nuklir

pltn

Nuklir dibuat menggunakan uranium yang termasuk langka dan terbatas. Sejauh ini, energi nuklir masih menjadi sumber energi yang yang paling padat dari semua sumber energi di alam ini yang bisa dikembangkan manusia.

Artinya, kita dapat mengekstrak lebih banyak panas dan listrik dari jumlah yang diberikan dibandingkan sumber lainnnya dengan jumlah yang setara.

Kelemahannya adalah jika sampai terjadi kecelakaan atau kebocoran dari reaktor nuklir, maka bisa aja terjadi bencana besar akibat radio aktif yang bisa membunuh umat manusia.

Energi Terbarukan

Kebalikan dari energi tidak terbarukan; Energi terbarukan adalah energi yang berasal dari "proses alam yang berkelanjutan", seperti tenaga surya, tenaga angin, arus air, proses biologi, dan panas bumi.

Jadi bisa dibilang, sumber energi terbarukan tidak akan habis dimakan zaman.

Air

Sumber energi listrik dari air ini juga bisa menghasilkan listrik. Air akan menggerakan kincir yang sudah tersambung pada turbin dan generator.

Kelebihan ini pun dimanfaatkan untuk menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Biasanya PLTA ini menggunakan air dari bendungan untuk menggerakan kincirnya.

Angin

plt angin

Sumber energi listrik ini dimanfaatkan dengan membuat kincir angin, yang kemudian bisa menjadi listrik. Angin ini akan menggerakan kincir angin yang tersambung pada sebuah turbin dan generator.

Gerakan dari generator inilah yang kemudian menghasilkan listrik. Kecepatan angin menentukan seberapa daya yang dihasilkan.

Untuk menggunakan pembangkit ini memerlukan angin yang kencang agar bisa tercipta energi yang besar pula.

==AS3==

Matahari

plt matahari

Sinar dari matahari ini bisa dimanfaatkan oleh manusia sebagai sumber energi. Dengan memanfaatkan sinar matahari, manusia bisa membuat listrik untuk penerangan.

Listrik ini dihasilkan melalui panas matahari yang disimpan pada panel surya. Hanya saja perlu biaya yang mahal untuk bisa membangun reaktornya.

Faktor cuaca juga menjadi salah satu hambatannya.

Panas Bumi

plt panas bumi

Panas bumi juga bisa dijadikan sebagai sumber energi listrik. Kelebihan dari panas bumi adalah ia nggak pernah habis.

Inti bumi memiliki suhu panas yang cukup tinggi, hingga bisa menghasilkan uap. Uap dan air panas inilah yang kemudian dimanfaatkan.

Menggunakan uap tersebut manusia bisa membuat pembangkit listrik. Pembangkit listrik ini biasanya terletak dekat dengan gunung berapi aktif.

Gelombang Laut

plt gelmobang laut

Pasang surutnya laut ternyata juga bisa menjadi sumber energi listrik yang bermanfaat untuk manusia. Manusia memanfaat energi gelombang laut ini untuk menghasilkan listrik.

Pembangkit Listrik Tenaga Gelombang Laut (PLTG) ini dihasilkan dari pemutaran turbin menggunakan gelombang laut.  

Penggunaannya memang tidak merusak lingkungan, tapi dalam memanfaatkan gelombang ini membutuhkan anggaran yang cukup besar untuk membangun reaktornya.

Selain itu juga kecepatan ombak yang tidak stabil juga menjadi salah satu kendala.

Biomassa

plt biomasa

Energi biomassa sumber energi listrik terbarukan yang berasal dari bahan-bahan biologis, seperti tanaman, pertanian, perkebunan dan limbah industri serta rumah tangga yang bersifat organik.

Ada bermacam limbah yang bisa digunakan sebagai bahan bakar PLTBm, seperti:

  1. Limbah pertanian – Bahan baku yang berasal dari limbah pertanian yaitu jerami, ampas tebu, kotoran unggas dan ternak lainnya.
  2. Biogas – Biasanya sumber energi ini diproduksi dari bahan organik seperti material tanaman, kotoran manusia, pupuk kandang dan lain-lain.
  3. Tanaman energi – Tumbuhan tertentu yang berpotensi menghasilkan energi dikembangkan dalam skala besar dan ditanam secara komersil. Beberapa jenis tanaman sumber energi adalah kedelai, rami, jagung, dan gandum. Sedangkan produk yang dihasilkan tanaman energi yaitu etanol, butanol, methanol, propanol, dan bio diesel.
  4. Kayu – Bahan bakar ini paling popular di seluruh dunia. Kayu merupakan bentuk paling sederhana dari biomassa. Namun penggunaan bahan bakar kayu cenderung menimbulkan polusi, sehingga perlu adanya penyeimbangan dengan menanam pohon lebih banyak.

==AS4==

Jadi untuk konsep biomassa sendiri adalah sampah dimanfaatkan melalui proses pembakaran untuk menghasilkan gas yang akan menggerakkan generator.

Nah, apakah kalian akan jadi salah satu penemu sumber energi listrik yang baru?

Jangan lupa untuk membaca berbagai artikel menarik lainnya seperti tentang Voltase hanya di S-gala.com ya!

Dapatkan juga informasi seputar peluang bisnis menarik berpotensi untung jutaan rupiah per bulan melalui kontak CS kami berikut ini >> https://mauorder.online/blog-s-gala-com?produk=JadiMitraAgenReseller

Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Beriklan hubungi 081-222-768-892
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Tutup Kalatog

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Terhubung dengan Whatsapp tim penjualan kami
Tutup Iklan  X
Tutup