Iklan Sponsor
Logo S-Gala.com png

Mengenal Listrik Statis

November 10, 2022
Listrik Statis
Iklan Sponsor

Pernahkah kamu mengalami hal-hal berikut ini?

  • Merasa kesetrum saat jalan dan bersenggolan dengan teman.
  • Rambut di kepala berdiri saat didekatkan dengan balon yang habis digosok.
  • Menarik potongan kertas kecil dengan penggaris yang telah digosok ke baju.

Nah, itu adalah contoh dan bukti nyata dari keberadaan listrik statis.

Apa sih sebenarnya listrik statis? Bagaimana proses terjadinya? Dan berbahayakah bagi kehidupan manusia?

Kali ini S-gala.com akan membahasnya untuk kalian semua. Jadi simak informasinya sampai selesai ya!

==AS1==

Mengenal Listrik Statis

Listrik Statis
Listrik statis bisa bikin kita kesetrum saat bersenggolan dengan orang lain

Pengertian listrik statis yaitu suatu fenomena listrik yang ditimbulkan ketika partikel bermuatan ditransfer dari satu benda ke benda lain.

Perpindahan muatan ini terjadi karena adanya dua buah benda yang saling bergesekan. Sebagaimana debu yang terbang bersama udara bergesek dengan permukaan layar TV. Dari gesekan tersebutlah, terjadi perpindahan muatan elektron.

Ketika muatan elektron berpindah, kedua benda bisa mengalami kelebihan elektron sehingga bermuatan negatif. Juga kekurangan elektron sehingga bermuatan positif. Karena ada perbedaan sifat muatan inilah, kedua benda berujung saling tarik-menarik.

Mari coba kita lakukan percobaan. Sekarang coba ambil penggaris plastik lalu gosokkan ke rambut. Ketika penggaris plastik digosokkan ke rambut, akan terjadi perpindahan elektron dari rambut ke penggaris. Sehingga penggaris plastik menjadi bermuatan listrik.

Nah, muatan listrik pada penggaris ini tidak akan mengalir sehingga disebut listrik statis.

Sekarang coba dekatkan penggaris tersebut ke potongan kertas kecil-kecil. Apa yang terjadi? Potongan kertas akan menempel pada penggaris plastik karena terjadi perpindahan muatan listrik.

Namun, ini hanya berlangsung sementara. Setelah muatan listrik pada penggaris plastik dan potongan kertas itu sama, maka kedua benda tersebut akan tolak menolak. Akibatnya, potongan kertas akan terlepas dari penggaris.

==AS2==

Proses Terjadinya Listrik Statis

Percobaan Listrik Statis
Contoh proses terjadinya listrik statis dengan cara menggosok

Terdapat tiga cara membuat benda menjadi bermuatan listrik statis, yakni dengan cara induksi, konduksi, dan penggosokkan.

  1. Induksi : Cara membuat listrik statis dengan mendekatkan benda bermuatan netral dengan benda lain yang sudah bermuatan. Peristiwa induksi ini sering ditemui saat kita sedang menyelidiki muatan listrik suatu benda menggunakan elektroskop.
  2. Konduksi : Cara membuat listrik statis dengan menempelkan benda bermuatan netral dengan benda lain yang sudah bermuatan. Dengan begitu, benda yang tadinya tidak memiliki muatan listrik akan memiliki muatan listrik.
  3. Menggosok : Cara membuat listrik statis dengan cara menggosokkan dua buah benda. Sama seperti percobaan yang ada pada gambar di atas.

==AS3==

Contoh Pemanfaatan Listrik Statik dalam Kehidupan Manusia

Setelah mengetahui apa itu listrik statis kita akan membahas cara membuatnya berikut adalah beberapa contoh penggunaan listrik statis dalam kehidupan sehari-hari.

1. Printer Laser

Laser printer

Salah satu pemanfaatan listrik statis dalam kehidupan sehari-hari terdapat pada printer laser. Jadi, pada saat photoreceptor drum yang bermuatan positif berputar, laser bersinar melintasi permukaan yang tidak bermuatan.

Laser selanjutnya menggambar pada kertas yang bermuatan negatif. Setelah melewati photoreceptor drum yang berputar, kemudian kertas akan melewati fuser. Nah, bagian fuser inilah yang menyebabkan kertas jadi  terasa panas saat baru keluar dari printer.

2. Pengecatan Mobil

Pengecatan mobil dengan konsep listrik statis

Di dalam kehidupan sehari-hari, listrik statis sering dimanfaatkan untuk pengecatan mobil. Pada saat cat disemprotkan, butiran halus yang ada pada cat akan bergesekkan dengan udara sehingga memiliki muatan listrik.

Sementara itu, permukaan mobil yang akan dicat akan diberikan muatan yang berlawanan dengan butiran cat. Sehingga, butiran-butiran cat tersebut dapat tertarik ke permukaan mobil dan menempel dengan sempurna.

==AS4==

Apakah Listrik Tipe Statis Berbahaya?

Terakhir, selain ada manfaatnya ternyata listrik statis menyimpan bahaya juga. Salah satunya adalah menimbulkan percikan api.

Seperti saat mobil atau truk berjalan, gejala statis ini ditandai dengan gesekan ban dan jalan akan menimbulkan muatan negatif. Sementara logam yang berdekatan dengan ban bisa bermuatan positif dengan cara induksi, api akan memercik jika kedua muatan berlawanan ini bertemu.

Karena itu truk pengangkut bahan yang mudah terbakar akan dipasangi sepotong logam untuk menetralisir muatan positif di badan truk.

Listrik statis dapat menimbulkan percikan api

Bahaya listrik statis juga dapat dilihat saat peristiwa petir. Petir memiliki muatan negatif besar, dan akan menuju bumi yang netral.

Petir dapat menyambar manusia atau bangunan saat menuju bumi. Ini dapat menyebabkan kematian atau kebakaran.

Karena itu, pada puncak gedung sering dibangun penangkap listrik, yang mengalirkan listrik melalui kabel atau kawat logam ke bumi.

==AS5==

Nah, bagaimana penjelasan tentang listrik statis kali ini? Semoga menambah wawasan ya!

Jangan lupa untuk selalu  mengikuti artikel-artikel terbaru di S-gala.com untuk mendapatkan berbagai informasi menarik & bermanfaat lainnya!

Dapatkan juga informasi peluang bisnis menarik dengan modal kecil berpotensi untung jutaan rupiah per bulan hanya melalui kontak WA CS kami berikut ini >> CHAT WA ADMIN

Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Beriklan hubungi 081-222-768-892
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Tutup Kalatog

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Terhubung dengan Whatsapp tim penjualan kami
Tutup Iklan  X
Tutup