Annual Event
Home

 >>  

Blog

 >>  

Kabel Listrik

 >>  

DIY Memasang Terminal Listrik 2 Kabel & 3 Kabel

 >>  

DIY Tutorial Memasang Terminal Listrik 2 Kabel & 3 Kabel

DIY cara memasang terminal listrik 2 Kabel & 3 Kabel

Di publish oleh S-Gala.com, Tanggal 

April 5, 2021

'Klik'  Untuk Melihat Menutup Daftar Isi Artikel

DIY Tutorial Memasang Terminal Listrik 2 Kabel & 3 Kabel

Dapatkan Lampu Gratis,

 Share Artikel Ini

FB Logo

Bagikan di Facebook

Bagikan di Whatsapp




Saat kita membutuhkan listrik yang jauh dari posisi stop kontak maka kita tak akan lepas dari benda yang satu ini, yaitu terminal listrik (cable extension).

Di pasaran sendiri banyak yang sudah menjual terminal listrik ini dalam keadaan sudah jadi dan tinggal pakai, namun pastinya terbatas pada panjang kabel dan jumlah terminal yang tersedia, sehingga untuk kebutuhan khusus mau tidak mau kita harus membuat atau memasang terminal listrik sendiri.

Dengan membuat colokan listrik atau terminal listrik sendiri, kita dapat menyesuaikan jumlah colokan yang diperlukan dan panjang kabel yang sesuai kebutuhan.

Cara pasang colokan listrik atau terminal listrik ini juga terbilang cukup mudah. Simak artikelnya sampai selesai ya!

Cara Membuat / Memasang Terminal Listrik

Untuk membuat atau memasang terminal listrik ini tidak terbilang sulit, mari kita bahas langkah-langkahnya:

Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan

Langkah pertama untuk memasang terminal listrik sendiri adalah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan:

  1. Terminal listrik
  2. Kabel listrik
  3. AC power plug (soket listrik AC)
  4. Skun kabel listrik
memasang terminal listrik
Gambar kabel listrik isi 2 dan isi 3

Untuk kabel listrik, gunakan kabel yang memang diperuntukkan untuk menangani listrik AC dan pilihlah yang memiliki bahan insulator yang cukup tebal dan berinti serabut sehingga lebih fleksibel.

Dalam pembuatan terminal listrik ini, kami menggunakan kabel bertipe NYYHY karena memiliki spesifikasi kabel seperti yang disebutkan sebelumnya.

Di sini kami akan menggunakan dua pilihan kabel yaitu memasang terminal listrik yang berisi 2 dan berisi 3.

Perbedaan dari kabel berisi 2 dan 3 adalah terdapat kabel grounding (warna kabel groung biasanya berwarna kuning).

Selain warna kuning, warna kabel ground juga ada yang berwarna hijau-kuning.

Untuk kebanyakan instalasi listrik rumahan kalian dapat menggunakan kabel yang berisi 2 tetapi jika di rumah kalian memiliki instalasi grounding maka gunakan kabel isi 3 (untuk mendeteksi adanya instalasi grounding atau tidak kalian dapat mengukurnya dengan multimeter atau yang paling mudah adalah jika kalian suka merasakan sensasi tersetrum ketika memegang bodi dari perangkat elektronik ketika dijalankan, maka dapat dipastikan instalasi listrik tersebut tidak memiliki grounding alias hanya menggunakan 2 kabel saja).

diy terminal listrik
Gambar terminal listrik (atas) dan power plug (bawah)

Untuk terminal listrik dan power plug, kita gunakan yang memiliki switch on off dan yang tidak menggunakan switch sehingga nantinya kalian dapat mempraktekkan sesuai dengan kebutuhan.

skun kabel listrik macam-macam bentuk
Gambar skun ferulles (kiri) dan skun Y (tengah) dan skun O (kanan)

Sebagai opsi, kalian dapat menggunakan skun untuk menyambungkan kabel ke terminal listrik dan power plug sehingga sambungan akan lebih kuat dan terlihat rapi serta aman.

Siapkan peralatan / tools untuk merakit terminal listrik

Kedua, alat– alat yang dibutuhkan untuk memasang terminal listrik adalah :

  1. Cutter atau pemotong kabel atau wire stripper
  2. Obeng
  3. Crimping tool jika kalian menggunakan skun
alat untuk membuat terminal listrik
Gambar alat-alat yang dibutuhkan dari kiri ke kanan: cutter, wire cutter/stripper,crimping tool, obeng.

Merakit Terminal Listrik 2 Kabel dan 3 Kabel

Kini saatnya memasang terminal listrik. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Potong kabel

Potong kabel sesuai dengan kebutuhan dan kupas kedua ujung dari kabel dengan cutter atau wire stripper sehingga bagian kawat tembaga terekspos. Kalian dapat juga menggunakan skun untuk membuat sambungan lebih rapi dan kuat.

memasang skun kabel
Gambar penggunaan skun dapat membuat sambungan lebih kuat dan rapi

Buka penutup terminal listrik

Buka baut pada rumah penutup terminal listrik dengan menggunakan obeng. Untuk posisi baut pada terminal listrik yang kita gunakan kali ini dapat dilihat pada gambar.

cara membuka baut terminal listrik
Gambar baut pada terminal listrik yang harus dibuka pada saat merakit (kiri terminal dengan switch – kanan terminal tanpa switch)

Sambungkan kabel

Sambungkan kabel yang telah dikupas sebelumnya ke soket yang telah disediakan (biasanya berupa lubang yang dikencangkan dengan baut atau hanya plat dengan baut).

Gunakan skun yang cocok untuk menyambungkan kabel ke soket yang ada dengan memperhatikan bentuk soket pada terminal sehingga skun yang digunakan cocok dan dapat tersambung dengan baik.

Contoh pemasangan kabel isi 3 ke terminal listrik tanpa switch

Kabel isi 3 biasanya memiliki warna biru, cokelat dan kuning. Untuk standardisasi, warna biru dan coklat digunakan untuk jalur listrik (live dan netral) sedangkan warna kuning untuk jalur grounding.

Pada terminal listrik, kabel warna biru dan coklat ke soket terluar kiri dan kanan (bisa dilihat pada gambar lingkaran warna biru dan coklat).

Jangan lupa untuk mengendorkan baut pemegang kabelnya terlebih dahulu.

Setelah itu tinggal pasangkan kabel yang sudah dikupas atau diberi skun ke lubang dan kencangkan kembali bautnya. sedangkan kabel kuning sambungkan ke soket tengah (pada gambar lingkaran berwarna kuning).

Selain soket tadi, ada juga pengunci plastik untuk mengunci kabel yang dibaut dengan 2 buah baut (lingkaran berwarna merah pada gambar).

Buka terlebih dahulu kedua baut tersebut, setelah kalian memasang ketiga kabel tadi ke soket maka kalian dapat mengunci kabel yang telah terpasang sehingga kabel tidak mudah lepas pada saat tertarik secara tidak sengaja.

posisi soket pada terminal listrik 3 kabel
Gambar posisi soket untuk jalur live, netral dan grounding pada terminal listrik.
Contoh pemasangan kabel isi 2 ke terminal listrik dengan switch

Pada dasarnya pemasangan kabel isi 2 ke terminal listrik dengan switch mirip dengan pemasangan kabel isi 3 ke terminal listrik tanpa switch.

Pada pemasangan kabel isi 2 (biasanya berwarna biru dan coklat atau hitam), kabel disambungkan hanya ke jalur live dan netral (pada gambar lingkaran berwarna biru dan coklat), sedangkan jalur grounding (lingkaran warna kuning) tidak digunakan. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar.

memasang kabel pada terminal 2 kabel
Gambar pemasangan kabel isi 2 pada terminal dengan switch (yang dipasang hanya jalur live dan netral)

Hal terpenting dalam menyambung jalur listrik adalah jangan sampai setiap jalur tersambung ke jalur listrik yang lain karena hal ini dapat menyebabkan terjadinya arus pendek (konsleting).

Sedangkan untuk jalur live dan netral tidak apa-apa jika pemasangannya tertukar atau terbalik selama kedua jalur tersebut tidak short atau tersambung.

Setelah semua kabel tersambung dengan baik, maka kalian dapat menutup kembali rumah penutup terminal yang sebelumnya dibuka.

Sambungkan AC power plug

Sambungkan ujung kabel lainnya ke plug AC power. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka rumah dari power plug dengan menggunakan obeng, untuk posisi baut kalian dapat melihatnya pada gambar (lingkaran berwarna merah)

membongkar AC power plug
Gambar posisi baut untuk membuka rumah dari AC power plug.
Contoh pemasangan kabel isi 3 ke plug AC power dengan switch.

Seperti penyambungan pada terminal listrik, kabel biru dan coklat disambungkan ke jalur live dan netral (lingkaran warna biru dan coklat pada gambar) dan kabel kuning disambung ke jalur grounding (lingkaran warna kuning).

Pada plug AC power ini juga terdapat pengunci kabel sehingga sesudah seluruh kabel disambungkan jangan lupa untuk mengunci kabel sehingga aman jika tertarik.

cara memasang kabel power plug
Gambar baut pemasangan jalur listrik. Biru dan coklat – live dan netral, kuning –grounding, merah baut pengunci kabel.

Tips untuk pemasangan kabel tanpa skun Y pada model soket seperti ini adalah dengan membagi dua kabel dan menyimpulkannya dengan baut sehingga pada saat dibaut pada terminal, kabel akan terpasang dengan kencang (bisa dilihat pada gambar).  

DIY memasang kabel ke terminal tanpa skun
Gambar cara memasang kabel 3 warna ke colokan atau steker tanpa skun

Setelah semua jalur terpasang dengan baik, maka jangan lupa juga untuk memasang rumah dari plug AC power dan kencangkan dengan baut.

memasang kabel ke power plug
Gambar hasil pemasangan kabel ke AC power plug
Contoh pemasangan kabel isi 2 ke AC power plug tanpa switch.

Pertama-tama yang harus dilakukan pada AC power plug tipe ini adalah memasukkan rumah AC power plug ke kabel terlebih dahulu.

Lalu jalur yang dipasang hanya jalur Live dan netral saja (lingkaran warna biru dan coklat) sedangkan jalur grounding tidak perlu dipasang.

Pada AC power plug tipe ini terdapat juga pengunci kabel, jadi setelah semua jalur terpasang dengan baik pasangkan juga pengunci kabelnya.

memasang kabel ke power plug tanpa switch
Gambar jalur pemasangan kabel listrik ke AC power plug tanpa switch (biru dan coklat – Live dan netral, merah – pengunci kabel)

Setelah semua jalur terpasang dengan baik, kalian tinggal memasangkan kembali rumah AC power plugnya dan kencangkan dengan baut.

DIY power plug tanpa switch
Gambar AC power plug tanpa switch yang sudah terpasang

Untuk cara memasang kabel 3 warna ke colokan atau steker tanpa switch dapat dilihat di gambar dibawah ini.

Gambar cara memasang kabel 3 warna ke colokan
Gambar cara memasang kabel 3 warna ke colokan

Tes Terminal Listrik Buatanmu

Setelah menginstalasi kabel listrik pada terminal dan AC power plug, maka langkah selanjutnya adalah mengetes terminal listrik yang sudah dibuat dengan mencolokannya pada sumber listrik.

Jika switch di on kan maka lampu akan menyala atau jika kalian menggunakan terminal tanpa switch dapat dicoba dengan cara mencolokan peralatan listrik ke terminal listrik yang sudah kalian buat.

DIY terminal listrik
Gambar terminal listrik yang sudah dirakit
tes DIY terminal listrik
Gambar pengetesan terminal listrik yang sudah dirakit

Yang harus diperhatikan pada saat merangkaikan terminal listrik ataupun memasangkan stop kontak, matikan terlebih dahulu sumber listrik dan semua jalur kabel tidak boleh terjadi short. Dengan hal ini pekerjaan menjadi lebih aman dan mencegah terjadinya kesetrum atau konsleting.

Nah, cukup mudah bukan cara pasang colokan listrik atau terminal listrik ini? Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Kalian juga bisa menjadikan terminal kabel listrik ini sebagai peluang usaha, lho! Segera dapatkan bahan-bahannya di S-gala.com dan kalian bisa menjualnya, pasti untung!



'Klik'  Untuk Melihat Menutup Daftar Isi Artikel
Harga 
This is some text inside of a div block.
SPANDUK KECIL 1 X 1
SPANDUK ALAT LISTRIK 2 x 1
STAND FAN KAKI BULAT MASTAP 16" M-16844
Harga Lengkap Produk
Kirim Katalog Produk Ke Email
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Informasi Reseller
Bergabung bersama ribuan reseller lainnya. Dengan modal awal Rp 200rb.
Informasi Reseller

Klik untuk Tanya-Tanya seputar Produk / Reseller ?

S-gala.comGoogle Map Alamat kami
fb-review-img
google-review-img

Dapatkan Katalog Lengkap Reseller diemail anda

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Atau Chat LANGSUNG dengan admin kami melalui WA dengan klik tombol dibawah

CHAT WA Admin
Testimoni - ReviewPengiriman - PembayaranGaransi dan PenggantianMenjadi Mitra Droship PointKesempatan Bisnis ResellerKebijakan Privasi
S-gala.comGoogle Map Alamat kami
fb-review
google-review
Tim Pengaduan akan menghubungi anda dalam 1x24 jam

No WA Keluhan :
081222768892
Tutup Form
Refresh Halaman dan Kirim Ulang
X
Form Keluhan Pelanggan
2018-2020 CV Qions Putra Perkasa