Iklan Sponsor
Logo S-Gala.com png

Sejarah Listrik di Dunia

November 10, 2022
Cover Sejarah Listrik
Iklan Sponsor

Listrik menjadi hal yang sangat pentingdalam kehidupan manusia pada masa kini. Hampir seluruh kegiatan manusia memerlukan listrik.

Tapi tahukah kamu bagaimana awal mulanya sejarah listrik ditemukan?

Ternyata tidak semua orang tahu bagaimana awalnya listrik tercipta lho! Energi yang begitu luar biasa dan dapat berguna untuk segala bidang.

Nah, kali ini S-gala.com akan mengajak kalian semua untuk kembali ke masa lampau dan memahami bagaimana proses terjadinya penemuan dan sejarah listrik.

Simak informasinya sampai selesai ya!

==AS1==

Sejarah Listrik

Untuk memahami sejarah perkembangan arus listrik, berikut ini fase perkembangan sejarah listrik berdasarkan penemuan- penemuan yang dilakukan oleh para ilmuwan saat itu:

1. SejarahListrik sejak Mesir Kuno

Listrik di zaman mesir kuno

Bagaimana dengan cerita pertama dari sejarah listrik? Beberapa sumber mengatakan bahwa keberadaan listrik pertama kali “diakui” dari teks Mesir kuno ratusan tahun yang lalu.

Saat itu, Malapterurus Electricus digunakan sebagai metode pengobatan di Sungai Nil. Mereka tahu bahwa ada ikan yang benar-benar dapat mengirimkan sejumlah energi.

Ini dapat memiliki efek “lumpuh” pada tubuh. Obat yang konon bisa meredakan nyeri dan sakit kepala ini dipraktekkan hingga akhir abad ke-17.

2. Amber Thales dari Miletus

Penemuan listrik statis

Selain itu, sejarah listrik berkaitan dengan karya filsuf dan ilmuwan Yunani Thales of Miletus sekitar 600 SM yang saling berhubungan.

Thales menulis tentang menggosok amber dengan bulu hewan, yang mencoba menciptakan aliran energi.

Hasil eksperimen Thales inilah yang kita sebut listrik statis. Batu ini disebut elektron dalam bahasa Latin dan rectron dalam bahasa Yunani.

==AS2==

3. Gilbert & Brown

Gilbert & Brown electric eye

Pengembangan eksperimen lain dilanjutkan pada abad ke-17 oleh fisikawan Inggris William Gilbert. Dia menulis tentang sebuah buku berjudul De Magnete.

Gilbert adalah ilmuwan pertama di sejarah listrik yang menggunakan istilah listrik untuk menggambarkan hasil eksperimennya tentang gaya listrik, gaya magnet, dan gaya tarik listrik.

4. Gericke dan Charles Francois du Faye

Bola belerang listrik gericke dan charlesu faye

Pada 1663, ilmuwan Jerman Otto Von Guericke melakukan eksperimen yang berkontribusi pada sejarah listrik. Ia bereksperimen dengan bola belerang yang diputar dengan tongkat kayu. Eksperimennya dikenal sebagai awal dari generator.

Pekerjaan Gericke dilanjutkan oleh fisikawan Prancis Charles François du Fay, yang mendefinisikan muatan resin atau muatan negatif (-) dan muatan vitreus atau muatan positif (+) dari muatan tersebut.

5. Benjamin Franklin

Benjamin Franklin penemuan listrik

Selanjutnya, salah satu peneliti listrik yang terkenal adalah Benjamin Franklin. Dia adalah ilmuwan terkenal tentang sejarah listrik dari Amerika.

Pada tahun 1752, Franklin melakukan percobaan menerbangkan layang-layang dengan kunci besi ke langit yang sedang banyak petir.

Petir menyambar kunci besi tersebut dan memercikkan api kecil. Percikan tersebut mengenai punggung tangannya. Oleh karena itulah ia yakin bahwa itu adalah listrik.

==AS3==

6. Alesandro Volta

Alessandro volta Generator

Tercatat pada sejarah listrik, penemu baterai ini pun menemukan, bahwa reaksi kimia tertentu dapat menghasilkan listrik. Pada tahun 1800, Volta membangun tumpukan volta yaitu baterai listrik pertama yang menghasilkan arus listrik stabil. Berkat ini, ia menjadi pencipta energi listrik yang stabil pertama.

Volta juga menciptakan transmisi listrik pertama dengan menghubungkan konektor bermuatan positif dan negatif, serta menggerakkan muatan listrik, atau tegangan melaluinya.

7. Michael Faraday

Michael Faraday motor listrik

Melalui baterai, ia mengamati bahwa kumparan tembaga yang terhubung ke baterai menyebabkan medan magnet. Kemudian Faraday berhipotesis bahwa jika listrik dapat membuat magnet, maka magnet juga dapat menghasilkan listrik.  

Faraday juga menggunakan kumparan tembaga untuk membungkus magnet, tetapi menemukan bahwa arus mengalir saat magnet bergerak.

Hasilnya, Faraday menyimpulkan bahwa magnet yang bergerak di dalam kumparan tembaga tertutup menghasilkan arus listrik.

Dari percobaan ini Faraday menemukan adanya induksi elektromagnetik, dan dari penelitian ini Faraday membuat penemuan pertamanya di bidang fisika yaitu motor listrik. Penemuan Faraday membantu membangun motor listrik saat ini.

Setelah itu, induksi elektromagnetik ini menjadi pendahulu dinamo dan mampu menghasilkan energi listrik dengan energi kinetik (gerak).

Sampai tahun 1931, ia mendemonstrasikan dinamo melalui induksi elektromagnetiknya. Berkat penemuan cerdik ini, ia disebut sebagai bapak listrik di dunia yang memungkinkannya menggunakan listrik secara langsung.

==AS4==

8.  Nikola Tesla

Nikola Tesla motor tegangan tinggi

Lahir 10 Juli 1856, Nikola Tesla adalah penemu arus listrik bolak-balik dan radio yang terkenal dengan kejeniusannya. Pada tahun 1885, Nikola Tesla memulai penemuannya sendiri. Mengandalkan sejarah listrik, ia menciptakan lebih dari 30 paten untuk penemuannya pada tahun 1887 dan 1888.

Nikola Tesla telah membuat banyak penemuan sepanjang hidupnya yang berguna hari ini, seperti Sistem AC dengan daya, Radio remote control, Motor listrik Trafo bertegangan tinggi.

Selain ilmuwan-ilmuwan yang telah disebutkan masih banyak orang yang mempelajari mengenai kelistrikan dan aplikasinya dalam kehidupan sehari hari. Penemuan sejarah listrik telah memberikan dunia kehidupan yang tidak tergantikan.

Berkat para penemu listrik, dunia menjadi lebih hidup, menjadi terang, berbagai benda eletronik pun ditemukan sehingga dapat memudahkan aktivitas manusia di planet ini.

Sampai saat ini, listrik masih menjadi sumber energi yang terbilang utama di dunia.

Lalu bagaimana untuk masa depan?

Listrik di Masa Depan

Di masa depan, energi listrik juga akan tetap jadi sumber energi utama. Namun perbedaannya, akan ada pergeseran mengenai sumber penyediaan energi listrik itu sendiri.

Saat ini, sebagian besar sumber energi listrik masih dihasilkan dari pembakaran fosil termasuk batu bara, dimana hasil pembakarannya menghasilkan karbon yang cukup tinggi dan menyebabkan polusi udara.

polusi udara dari pembakaran batu bara

Seiring dengan kesadaran manusia tentang perubahan iklim & pemanasan global, maka kini penciptaan energi listrik mulai digeser ke sumber energi alternatif, seperti :

  • Tenaga air
  • Tenaga angin
  • Tenaga solar
  • Tenaga gelombang air (ombak)
  • Tenaga panas bumi
  • Tenaga biomasa

Sudah cukup banyak negara yang menerapkan sumber energi alternatif untuk menciptakan listrik.

Di Indonesia sendiri juga hal ini sudah mulai dan banyak diterapkan. Lalu apa sebenarnya keuntungan menggunakan sumber energi listrik alternatif?

  • Memangkas biaya tagihan listrik
  • Menghasilkan uang dari listrik yang dihasilkan (alatnya bisa dijual/dibagikan ke lingkungan sekitar)
  • Mengurangi emisi karbon dari hasil pembakaran fosil

==AS5==

Nah, jadi banyak bukan keuntungan bila menggunakan sumber energi alternatif? Selain itu, sumber dayanya terbilang tidak akan pernah habis karena selalu ada di alam.

Menarik bukan pembahasan tentang sejarah listrik kali ini? Jangan lupa untuk selalu mengikuti & membaca berbagai informasi menarik terkait listrik dan info cerdas lainnya hanya di blog post S-gala.com.

Dapatkan juga berbagai alat listrik dan alat rumah tangga berkualitas tinggi dengan harga murah di S-gala.com ya!

Buat kalian yang lagi cari tambahan penghasilan juga bisa banget untuk gabung menjadi agen, mitra, ataupun reseller kami. Modalnya mulai dari NOL rupiah alias TANPA MODAL, lho!

Tunggu apa lagi? Hubungi kontak WA CS kami berikut ini >> https://mauorder.online/blog-s-gala-com?produk=JadiMitraAgenReseller

Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Beriklan hubungi 081-222-768-892
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Tutup Kalatog

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Terhubung dengan Whatsapp tim penjualan kami
Tutup Iklan  X
Tutup