Iklan Sponsor
Logo S-Gala.com png

Lampu Jalan Pintar, di Indonesia Juga Sudah Mulai Loh!

July 6, 2022
Cover Lampu Jalan Pintar
Iklan Sponsor

Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) merupakan salah satu infrastruktur yang mendukung kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan di malam hari.

PJU biasa dipasang di kiri, kanan, atau di tengah jalan sesuai dengan kebutuhan di jalan tersebut. Fungsi PJU sendiri sangat penting bagi pengendara kendaraan yaitu :

  • Memberikan kontras antara objek dan permukaan jalan
  • Membantu navigasi pemakai jalan
  • Meningkatkan keselamatan & kenyamanan pemakai jalan, khususnya pada malam hari
  • Memberikan kontribusi pada keamanan & keindahan lingkungan

Lampu Jalan Pintar

Dengan pentingnya fungsi PJU disertai dengan kemajuan teknologi di bidang pencahayaan membuat lampu PJU juga mengalami inovasi.

Salah satu kemajuan di bidang pencahayaan PJU adalah penggunaan smart lamp.

Di Indonesia hal ini masih tergolong baru dan hanya kota – kota besar saja yang sudah mulai mencobamenerapkannya. Tetapi di luar negeri penerapan lampu jalan pintar atau smart street lighting system sudah bukan hal yang aneh lagi.

Cara Kerja Smart LED System pada PJU

Cara kerja smart street lighting

Cara kerja smart LED system padaPJU sendiri menggunakan sistem interkoneksi & komunikasi yang dapat diatursecara terpusat dengan perangkat lunak cerdas (smart lighting system) misalnya menggunakan koneksi dengan WiFi maupun LiFi.

Sistem tersebut memiliki kemampuanuntuk melakukan kendali berupa:

  • Intensitas pencahayaan
  • Konsumsi daya listrik
  • Kinerja kerja perangka
  • Kendali jarak jauh
  • Pencatatan data lingkungan
  • Kerusakan lampu penerangan

Untuk di Indonesia sendiri berdasarkan data Balitbang ESDM, system smart lighting yang digunakan dapat diintergasikan dengan webcam untuk menjaga keamanan lingkungan atau sekedar memantau kondisi lalu lintas secara real time.

Komunikasi data antar lampu menggunakan teknologi power line communications (PLCs) sementara komunikasi data sistem utama dengan pengelola PJU dilakukan melalui jaringan internet melalui modem global system for mobile communication (GSM) yang dipasang.

Dengan system yang ada ini sangat membantu petugas dalam melakukan monitoring kinerja lampu PJU.

Manfaat menggunakan lampu jalan pintar

Sistem PJU pintar akan memberikan kendali penuh terhadap lampu-lampu jalan mulai dari memonitoring kondisi lampu jalan secara real time hingga mengendalikan pemakaian dayanya.

Selain itu sistem akan memberikan notifikasi secara otomatis kepada petugas lapangan melalui short message service (SMS) saat terjadi kerusakan pada lampu jalan.

Hal ini akan mengurangi waktu dan biaya dibandingkan skema saat ini yaitu mewajibkan petugas lapangan keliling melihat kondisi lampu setiap harinya ataupun menunggu laporan warga.

Saat kondisi jalan sepi dan jumlah kendaraan yang melintas berkurang, sistem mampu meredupkan tingkat cahaya lampu sehingga pemakaian daya listrik akan berkurang.

Sebelumnya saat masih menggunakkan konvensional petugas harus berkeliling ke semua PJU untuk memastikan lampu masih beroperasi dengan baik atau tidak dan ini tidak hanya memakan biaya transportasi dan juga tidak efisien.

Tetapi dengan smart lighting system hal ini bisa dihindari dan kinerja petugas menjadi mudah.

Hal lain yang sudah pasti menguntungkan saat menggunakan smart lighting system adalah pemakaian listrik yang semakin efisien.

Lampu jalan dengan fitur redup otomatis

Berdasarkan data Balitbang ESDM jika Sistem PJU Pintar diatur untuk meredupkan lampu jalan pada 23.00 – 04.30 WIB akan membuat pemakaian daya berkurang hingga 30%.

Apabila skema ini diterapkan pada seluruh PJU yang ada di DKI Jakarta, estimasi penghematan energi mencapai 183 GWh per tahun atau sebesar 169,78 miliar rupiah per tahun.

Investasi yang dibutuhkan adalah sebesar 1,7 juta rupiah per unit dengan syarat lampu PJU sudah menggunakan lampu ballast elektronik.

Dengan metode konvensional, intensitas pencahayaan lampu tidak bisa diatur sehingga lampu akan terus menyala dengan terang.

Kelebihan lain yang ditawarkan sistem ini adalah mampu mendeteksi pencurian listrik di jaringan PJU.

Smart kWh meter yang dipasang disistem utama dan di setiap tiang lampu akan melaporkan pemakaian energinya secara real time.

Pada saat terjadi perbedaan data yang diterima sistem utama dengan penjumlahan data dari setiap tiang lampu, maka sistem PJU melaporkan lokasi kebocoran listrik pada petugas.

Untuk sumber energi dari lampu PJU ini bisa menggunakkan solar panel sebagai sumber energi. Dimana PJU akan memanfaatkan sinar cahaya matahari di siang hari yang sudah diubah menjadi energi dan akan digunakan di malam hari.

Kombinasi smart lamp dan solar panel merupakan kombinasi yang bagus untuk efisiensi dari sisi biaya listrik.

Di Indonesia sendiri, daerah yang pertama menerapkan system PJU pintar ini adalah Kota Jakarta tepatnya di sepanjang jalan Kebun Sirih – Jakarta Pusat.

Wah, keren banget ya!

Semoga Smart Street Lighting bisa segera diaplikasikan di banyak kota di Indonesia!

Kalau kamu mau beli atau bahkan berjualan berbagai macam lampu pintar, jangan ragu untuk segera kontak WA CS S-gala.com melalui tautan berikut >> https://mauorder.online/blog-s-gala-com?produk=LampuPintar

Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Beriklan hubungi 081-222-768-892
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Tutup Kalatog

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Terhubung dengan Whatsapp tim penjualan kami
Tutup Iklan  X
Tutup