Annual Event
Home

 >>  

Blog

 >>  

Kabel Otomotif

 >>  

kabel aki dan kabel busi mobil

 >>  

Kabel Aki Mobil dan Kabel Busi Mobil Penting Loh!

Kabel aki mobil dan kabel busi mobil

Di publish oleh S-Gala.com, Tanggal 

February 5, 2021

'Klik'  Untuk Melihat Menutup Daftar Isi Artikel

Kabel Aki Mobil dan Kabel Busi Mobil Penting Loh!

Dapatkan Lampu Gratis,

 Share Artikel Ini

FB Logo

Bagikan di Facebook

Bagikan di Whatsapp




Salah satu komponen yang cukup penting dan harus kita perhatikan pada mesin mobil adalah kabel otomotif mobil, diantaranya kabel aki mobil dan kabel busi.

Kabel Busi Mobil

Kabel busi adalah kabel yang mendukung sistem pengapian mesin. Kabel busi adalah penghubung komponen-komponen seperti coil ignition, delko dan busi.

Untuk coil ignition  merupakan komponen penghasil tegangan tinggi yaitu sekitar 30.000 – 40.000 Volt yang selanjutnya tegangan tersebut akan didistribusikan ke komponen listrik yang lain yaitu delko.

Sebagai contoh dari bentuk kabel busi, coil ignition dan delko dapat dilihat pada gambar di bawah ini

Gambar kabel busi untuk mobil
Gambar kabel busi untuk mobil
Gambar coil ingition pada mobil
Gambar coil ingition pada mobil
Gambar delko pada mesin mobil
Gambar delko pada mesin mobil

Selanjutnya tegangan tinggi yang ada di delko akan disalurkan ke beberapa busi yang ada di sistem pengapian dengan cara sedemikian rupa sehingga mesin mobil dapat beroperasi dengan baik.

Gambar rangkaian pemasangan coil ignition (no 1) ,delko (no 2) dan busi (no 3) menggunakan kabel busi
Gambar rangkaian pemasangan coil ignition (no 1) ,delko (no 2) dan busi (no 3) menggunakan kabel busi

Namun dengan berkembangnya teknologi otomotif, saat ini terjadi perubahan pada jumlah koil di mesin mobil. Mesin mobil saat ini umumnya jumlah koilnya sama dengan jumlah busi yang digunakan di sistem pengapian. Jadi model koilnya seperti gambar dibawah ini

gambar coil ingition langsung ke busi
Gambar coil ignition langsung ke busi

Harga terbaru kabel busi mobil yang dapat ditemukan di market place dimulai dari Rp. 65.000,- tergantung jenis mobil dan kualitasnya.

Kabel Aki Mobil

Kabel aki mobil adalah kabel yang menghubungkan aki mobil ke komponen yang lain pada sistem kelistrikan mobil. Sebagai contoh dari kabel aki mobil, dapat dilihat digambar di bawah ini. Kabel aki memiliki tugas utama mentransfer arus listrik dari aki ke motor starter untuk kemudian didistribusikan ke komponen listrik yang lain

Seperti yang ada di gambar dibawah ini, secara fisik untuk bahan dasar pada kabel aki yang menghantarkan arus listrik adalah tembaga sedangkan kulit kabelnya adalah sama seperti kabel listrik pada umumnya.

Kabel busi mobil
Gambar kabel busi pada mobil

Ukuran diameter kabel aki tiap jenis mobil berbeda, tergantung kebutuhan arus di sistem kelistrikannya. Semakin besar arus listrik yang di butuhkan untuk menjalankan sistem  maka diperlukan diameter kabel aki yang besar pula.

Sedangkan pada kabel busi berbeda, arus listrik yang melewati kabel busi tidak besar melainkan tegangan nya yang besar yaitu sekitar 30.000 -40.000 Volt.

Oleh sebab itu kontruksi kabel busi berbeda dengan kabel aki, hal ini tampak seperti yang ada pada gambar di bawah ini.

Bagian yang menghantarkan arus listrik, pada bagian intinya adalah tembaga yang di lindungi oleh bahan-bahan khusus yang memiliki kemampuan menahan tegangan listrik  yang baik.

Inti kabel yang berkualitas harus terbuat dari tembaga murni. Untuk mencek apakah inti kabel terbuat dari tembaga murni atau tidak kita butuh bantuan dari magnet.

Tempelkan magnet ke kabel dan lihat apakah magnet menempel atau tidak. Magnet tidak akan menempel pada tembaga.

Jika magnet tidak menempel bisa dipastikan kabel bukan tembaga murni.

Bahan-bahan tersebut disusun sedemikian rupa supaya tegangan listrik tidak bocor ke permukaan luar kulit kabel. Hal ini di buat mengingat tegangan listrik yang cukup tinggi yang melewati kabel busi tersebut.

Selain itu kondisi sekitar kabel busi yang cenderung lebih panas, jadi dibutuhkan pelindung kulit kabel yang baik juga seperti bahan silicon atau yang lainnya yang tahan terhadap panas.

Gambar bagian dari kabel busi mobil
Gambar bagian dari kabel busi mobil

Pada sistem kelistrikan di mobil terdapat kabel di terminal positif aki yang ukurannya agak kecil dan umumnya berwarna merah seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.

Gambar posisi kabel aki positif pada aki mobil
Gambar posisi kabel aki positif pada aki mobil

Salah satu kabel tersebut merupakan kabel yang terhubung dengan alternator. Fungsi dari kabel tersebut adalah untuk menghantarkan arus listrik dari alternator ke kutub posistif aki.

Hal ini diperlukan agar listrik yang sudah dihasilkan oleh alternator dapat digunakan untuk mencharge aki mobil. Sehingga diharapkan selama mesin beroperasi, cadangan arus listrik di aki tetap tersedia. Untuk lebih jelasnya kita lihat gambar diagram di bawah ini yang menunjukan hubungan aki dengan alternator.

Gambar skema aki dan alternator
Gambar skema aki dan alternator

Cara Merawat Kabel Aki Mobil dan Kabel Busi Mobil

Dalam hal perawatan kabel, untuk kabel aki cukup kita lihat di bagian konektornya. Apabila konektor aki sudah kotor seperti di bawah ini maka kita perlu membersihkannya agar arus listrik dapat mengalir dengan sempurna serta konektor tidak berkarat.

Selain itu, kita harus pastikan kabel aki yang terpasang pada kutub aki ataupun di bagian mobil yang lain, keadaannya menempel dengan sempurna dan baut konektor nya dalam kondisi kencang.

Hal ini dapat dipastikan dengan cara mencoba mengoyangkan konektor kabel aki yang menempel, apabila konektor tersebut sudah menempel sempurna, maka konektor kabel sama sekali tidak bisa digoyangkan.

Untuk perawatan kabel busi, berbeda dengan kabel aki. Secara visual dapat kita lihat bagian kulit kabel busi. Apabila kulit kabel ada yang rusak, sebaiknya di ganti kabel businya saja.

Karena hal ini jika di biarkan akan  beresiko timbul bocor tegangan listrik yang memungkinkan timbulnya percikan bunga api antara kulit kabel yang rusak dengan body mobil  / mesin mobil.

Kabel busi yang masih layak pakai apabila kita cek dengan ohm meter maka akan mempunyai tahanan maksimal 25 K Ohm. Selanjutnya apabila kita akan melepas kabel  busi, maka sebaiknya kita pegang bagian kepala kabel nya bukan bagian kabel nya.

Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko kabel busi putus, mengingat bagian inti kabel busi yang kecil sehingga rawan putus. Agar lebih jelas, kita lihat gambar di bawah ini.

Gambar cara melepaskan kabel busi yang benar
Gambar cara melepaskan kabel busi yang benar

Kabel aki yang cukup banyak beredar di pasaran adalah jenis kabel NYAF ukuran 35 mm2 sepertiyang tampak di gambar dibawah ini.

Untuk kabel tersebut memiliki kemampuan menghantarkan arus listrik sebesar 40 A – 120 A. Untuk harga kabel aki dipasaran biasa dijual sekitar Rp. 70.000,- s/d 80.000,- per meternya.

Untuk kabel jenis ini dapat digunakan di semua mobil, kita tinggal memperhitungkan kebutuhan panjang kabelnya saja. Hal ini disebabkan posisi aki mobil terhadap komponen yang lainnya pada tiap jenis / tipe mobil jaraknya berbeda beda.

Gambar kabel aki positif
Gambar kabel aki positif

Sedangkan untuk kabel busi, apabila kita ingin membeli kabel yang baru, maka kita harus mencari kabel sesuai dengan yang asli nya.

Hal ini di sebabkan ukuran, bentuk kepala serta panjang kabel berbeda masing-masing  mobil.

Sebagai contoh kabel busi untuk mobil Toyota kijang seri EFI 1800 cc dijual di market place dengan harga berkisar antara Rp. 220.000,-

Gambar kabel busi mobil Toyota kijang
Gambar kabel busi mobil Toyota kijang

Sebagai contoh yang lain adalah kabel busi untuk jenis mobil Suzuki APV. Kabel busi untuk mobil Suzuki APV ini dijual dengan harga Rp. 250.000,- di market place.

Gambar kabel busi mobil Suzuki APV
Gambar kabel busi mobil Suzuki APV

Untuk daftar harga terbaru kabe aki dan kabel busi untuk mobil lainnya dapat menghubungi CS kami.

Sekian artikel mengenai pentingnya kabel aki mobil dan kabel busi untuk mobil, semoga artikel ini dapat membantu menambah pengetahuan dan bermanfaat ya!

Jangan lupa untuk download aplikasi S-gala.com di playstore handphone kalian untuk mendapatkan promo dan peluang bisnis menarik dengan potensi untung jutaan rupiah per bulan! Atau segera hubungi CS kami untuk penjelasan lebih lanjut.



'Klik'  Untuk Melihat Menutup Daftar Isi Artikel
Harga 
This is some text inside of a div block.
SPANDUK KECIL 1 X 1
SPANDUK ALAT LISTRIK 2 x 1
STAND FAN KAKI BULAT MASTAP 16" M-16844
Harga Lengkap Produk
Kirim Katalog Produk Ke Email
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Informasi Reseller
Bergabung bersama ribuan reseller lainnya. Dengan modal awal Rp 200rb.
Informasi Reseller

Klik untuk Tanya-Tanya seputar Produk / Reseller ?

S-gala.comGoogle Map Alamat kami
fb-review-img
google-review-img

Dapatkan Katalog Lengkap Reseller diemail anda

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Atau Chat LANGSUNG dengan admin kami melalui WA dengan klik tombol dibawah

CHAT WA Admin
Testimoni - ReviewPengiriman - PembayaranGaransi dan PenggantianMenjadi Mitra Droship PointKesempatan Bisnis ResellerKebijakan Privasi
S-gala.comGoogle Map Alamat kami
fb-review
google-review
Tim Pengaduan akan menghubungi anda dalam 1x24 jam

No WA Keluhan :
081222768892
Tutup Form
Refresh Halaman dan Kirim Ulang
X
Form Keluhan Pelanggan
2018-2020 CV Qions Putra Perkasa