Iklan Sponsor
Logo S-Gala.com png

Ada Berapa Macam sih Model Varian Saklar?

July 6, 2022
Cover Model Varian Saklar
Iklan Sponsor

Kalau kita mengetik kata kunci ‘saklar’ pada mesin pencarian Google ataupun di marketplace, akan muncul banyak sekali model dan varian saklar.

Kali ini kita akan mempelajari berbagai macam varian saklar yang ada di dunia supaya lebih paham dan tidak sampai salah beli.

Varian Saklar : Tunggal VS Majemuk

Di marketpace tersedia berbagai model varian saklar, apabila dilihat dari segi jumlah tuas saklar per unit nya maka saklar dibagi 2 kelompok besar yaitu saklar tunggal dan saklar majemuk.

Saklar tunggal adalah saklar yang menyediakan hanya 1 buah tuas per unit, sedangkan saklar majemuk menyediakan lebih dari 1 tuas untuk per unitnya.

Saklar Tunggal

Berikut ini adalah gambar saklar tunggal, biasanya digunakan untuk mematikan dan menghidupkan lampu dalam sekali tekan.

saklar piano tunggal

Saklar Majemuk

Saklar majemuk adalah suatu saklar yang modelnya sama seperti saklar tunggal, namun jumlah tuas dalam satu unitnya lebih dari satu.

Saklar 2 tuas

Contoh varian saklar majemuk pada gambar di bawah ini adalah saklar majemuk yang memiliki 2 tuas. Varian ini sering disebut dengan saklar seri, model ini sangat umum dan banyak digunakan. Di rumah kalian juga pasti ada, bukan?

saklar piano seri 2 tuas

Varian Saklar Triple, 4, 5 dan 6

Contoh lain dari varian saklar majemuk adalah saklar triple, 4, 5 dan 6. Pada gambar dibawah ini, salah satu contoh dari saklar triple, 4, 5 dan 6  yang ada di marketplace.

saklar 3 tuas
Saklar majemuk triple
saklar majemuk
Saklar majemuk isi 4 tuas
Saklar seri 5 tuas
Saklar majemuk isi 5 tuas
Saklar seri 6 tuas
Saklar majemuk isi 6 tuas

Saklar Clipsal

Bentuk lain lagi dari saklar majemuk adalah saklar clipsal.

saklar clipsal majemuk

Gambar di atas menunjukan contoh tampak depan dan belakang dari saklar clipsal. Kelebihan saklar clipsal dengan yang lain adalah dalam 1 unit saklar, bisa menampung beberapa tuas saklar. Tidak hanya 1 atau 2 seperti saklar piano.

Steker Saklar

Di marketplace banyak yang menyebutkan steker menjadi colokan listrik. Komponen tersebut adalah suatu peralatan listrik yang biasa digunakan di rumah kita. Sekarang di marketplace tersedia steker yang dilengkapi dengan saklar.

Model dari steker tersebut seperti pada gambar di bawah ini, steker saklar memiliki bentuk “L” terbalik yang dilengkapi saklar di bagian punggungnya.

saklar steker

Pada gambar di atas,bagian yang berwarna merah adalah tuas saklarnya. Fungsi dari saklar tersebut adalah mematikan arus listrik yang mengalir di kabel yang terpasang pada steker.

Jika lampu saklar menyala, menandakan bahwa ada listrik yang mengalir melalui steker. Jika padam, menunjukkan kondisi sebaliknya.

Steker saklar kita dapat mempermudah kita dalam menyalakan atau mematikan peralatan elektronik di bandingkan dengan steker yang biasa.

Apabila kita menggunakan steker biasa, jika akan mematikan peralatan elektronik kita harus mencabut steker tersebut dari stop kontak / colokan listrik yang biasanya menempel di tembok atau menempel di tempat lain.  

Saklar Fitting Lampu

Fitting adalah suatu alat listrik yang lebih sering disebut sebagai dudukan lampu. Sekarang di marketplace tersedia fitting lampu yang dilengkapi dengan saklar.

Saklar fitting lampu

Saklar fitting lampu model seperti di atas biasanyadipasang pada kamar tidur. Penggunaan sangat mudah, yaitu kita tinggal memasang lampu dan memasang fitting lampu tersebut ke colokan listrik (stop kontak) di rumah kita.

Selanjutnya apabila kita akan menyalakan lampu, maka kita tinggal merubah saklar yang ada di fitting tersebut ke posisi “on“. Dan apabilakita akan mematikan lampu tersebut, kita tinggal merubah posisi saklar ke “off“.

Contoh lain lagi dari varian saklar fitting lampu adalah sepertiyang tampak pada gambar di bawah ini.

fitting saklar plafon

Saklar fitting seperti diatas biasanya di pasang pada fitting plafon rumah kita. Pada saat kita memasang fitting saklar ini, yang perlu di perhatikan adalah saklar dari fitting plafon tersebut dipastikan dalam posisi nyala.

Selanjutnya apabila kita akan menyalakan atau mematikan lampu, kita tinggal menarik tali yang tersedia pada fitting tersebut.

Saklar Gantung

Saklar gantung adalah salah satu bentuk varian saklar listrik yang sudah lama digunakan di Indonesia.

Penggunaannya dapat diaplikasikan untuk menyalakan atau memadamkan alat listrik seperti lampu, pompa air listrik, dan lain-lain. Model dari saklar gantung adalah seperti pada gambar di bawah ini.

saklar gantung hitam putih

Saklar Injak

Saklar injak adalah saklar yang bekerja saat diinjak. Kita bisa mengatur kapan mematikan dan menghidupkan alat hanya dengan injakan kaki.

Saklar model seperti inibiasanya diperuntukan untuk operator mesin jahit, sehingga operator cukup dengan menginjak bagian pijakan dari saklar dengan kaki kiri ataupun kanan, maka saklar akan langsung bekerja.

footpress switch

Saklar Bulat

Jenis varian saklar yang lain lagi di marketplace adalah saklar bulat atau yang sering juga disebut pushbutton switch.

pushbutton switch

Saklar bulat biasanya mempunyai 2 tipe kontak yaitu NC (Normally Close) dan NO (Normally Open).

  1. NO (Normally Open) merupakan kondisi dimana tidak ada arus listrik yang mengalir. Gambaran kondisi NO dapat dilihat pada gambar terminal 3-4 pada gambar. Ketika tombol saklar ditekan, kontak NO ini akan menutup (Close) ke posisi mengalirkan atau menghubungkan arus listrik.
  2. NC (Normally Close), merupakan kondisi dimana ada arus listrik yang mengalir. Kontak terminal kondisi normalnya tertutup (mengalirkan arus listrik). Gambaran kondisi NC dapat dilihatpada gambar terminal 1-2 pada gambar. Ketika tombol saklar ditekan, kontak NC ini akan terbuka (Open) ke posisi tidak mengalirkan arus listrik.
skema kerja saklar bulat

SaklarAC Rumah

Salah satu perlengkapan yang diperlukan pada saat kita memasang AC di rumah kita adalah saklar AC.

switch AC

Seperti yang kita lihat pada gambar di atas, varian saklar ac adalah sebuah stop kontak dengan sistem pemasangan ditanam atau ditempel pada tembok yang dilengkapi dengan saklar.

Saklar tersebut berfungsi mengaktifkan/mematikan stop kontak. Agar lebih jelas, mari kita lihat gambar di bawah ini yang menunjukan suatu saklar AC yang digunakan pada instalasi AC.  

Penggunaan Saklar AC

Dari gambar di atas, nampak bahwa unit AC tersambung ke instalasi listrik di rumah melalui saklar AC. Dengan demikian akan sangat memudahkan pada saat kita perlu melepas AC dari dudukannya yang menempel di dinding, untuk keperluan perawatan atau perbaikanAC.

Saklar AC menjadikan kita tidak terlalu repot, kita tinggal mematikan saklar dan mencabut stop kontak AC nya.

Ternyata varian saklar dari segi model dan fungsinya ada banyak sekali ya! Selain dari segi model saklarnya, varian saklar dapat juga ditelaah dari segi :

  1. Pemasangannya (Inbow VS Outbow)
  2. Cara pengoperasiannya (Saklar Manual, Saklar Otomatis, & Saklar Sensor Otomatis)

Semua informasinya dapat kalian temukan hanya di blog post www.s-gala.com. Jadi jangan lupa mampir ke artikel bermanfaat lainnya ya!

Jika ada pertanyaan seputar produk, ilmu pengetahuan kelistrikan, bahkan peluang usaha terkait dunia kelistrikan boleh berikan komentar kalian di bawah ya!

Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan Sponsor
Beriklan hubungi 081-222-768-892
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Iklan sponsor, Scroll untuk melanjutkan
Iklan Sponsor
Tutup Kalatog

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Lampu Tumblr

Rp 11.400

Terhubung dengan Whatsapp tim penjualan kami
Tutup Iklan  X
Tutup